PERPUSTAKAAN Prof. Dr. Nurcholish Madjid

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

“Peran Mohammad Husni Thamrin di Volksraad di Masa Pergerakan Nasional Indonesia 1927-1941”

No image available for this title
Penelitian ini merupakan bentuk sejarah politik yang berupaya membahas tentang gerakan koperatif yang dijalankan M.H. Thamrin. Penelitian ini dilakukan penulis dengan melakukan metode pendekatan politik. Penelitian ini juga mengacu pada teori elit. Penelitian yang penulis lakukan dilengkapi dengan berbagai sumber yaitu "Hendeling van Volksraad" dan "Indisch Vereleg" yang bersumber dari Arsip Nasional Republik Indonesia dan "Pidato - pidato M.H. Thamrin di Volksraad" dari Arsip Museum M.H. Thamrin, serta didukung dengan beberapa jurnal dan buku yang didapatkan di Perpustakaan Umum di UIN Jakarta, Perpustakaan UI Depok dan Perpustakaan Nasional Indonesia di Merdeka Selatan.
M.H. Thamrin yang dianggap sebagai tokoh Betawi ternyata mempunyai kakek biologis yang berasal dari Inggris. Kemudian ia berperan dalam pembentukan semangat nasionalisme lewat perjuangannya baik ditingkat kota maupun nasional. Dengan memperhatikan keadaan penduduk sampai pada tingkatan penggunaan Bahasa Indonesia dan mengajukan terminology pengucapan nama Indonesia.
Ketersediaan
SS19002SKR SPI 19002Perpustakaan FAH (Skripsi SPI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

SKR SPI 19002

Penerbit

Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta.,

Deskripsi Fisik

ix, 92 hlm.: ilus.; 25 cm

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

SKR SPI

Informasi Detil
Tipe Isi

text

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas

Share :


Link Repository

Pustaka Digital Internasional

Berikut link E-Jurnal, E-Book , dan E-Lib Internasional. Silahkan klik tab disamping, klik logo nya untuk menuju website Pustaka Digital Internasional

Punya kritik , saran , pesan harapan ?