PERPUSTAKAAN Prof. Dr. Nurcholish Madjid

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Al-ittijāhāt al-akhlāqiyyah fī qiṣṣah ibrāhīm fi al-qur'ān al-karīm

No image available for this title
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana akhlaq nabi Ibrahim, yang terdapat dalam kisah Ibrahim di dalam Al-Quran. Dan mengetahui unsur- unsur insrinsik kisah Ibrahim dengan menggunakan teori levi stauss. Yang dapat dijadikan pembelajaran dalam kehidupan. Adapun langkah-langkah yang dilakukan untuk menganalisis kisah Ibrahim ini diantaranya .pertama, peneliti mengumpulkan berapa surat dan ayat yang menyebutkan kisah nabi Ibrahim, kemudian mengklasifikasikannya dengan menggunakan kamus mu’jam mufahras. Kedua peneliti mendeskripsikan akhlaq setiap tokoh yang ada dalam kisah nabi Ibrahim. Setelah ituSelain itu peneliti juga menggunakan tafsir al-maraghi sebagai pendukung dalam menganalisis kisah Ibrahim ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan, kisah nabi Ibrahim tersebar di dalam Al-Quran sebanyak 25 surat dengan 69 kali penggulangan. Adapun surat dan ayat yang memuat tentang kisah Ibrahim dan akhlaqnya terdapat dalam enam surat diantaranya yaitu; QS. Al- An’am: 75, 61, Qs. An-Nisa, Qs. At-Taubah, Qs. Saba’, Qs. An-Nahl: 123, Qs. Al-Baqarah, dan Qs.Al-Hajar. Setelah itu peneliti menganalisis unsur instrinsik kisah nabi Ibrahim. Adapun unsur-unsur instrinsik yang terdapat dalam kisah ibrahim antara lain tema, tokoh dan penokohan, alur, dan juga latar. Dan Tema yang digunakan pada kisah Ibrahim yaitu tentang ketuhanan. Kemudian tokoh yang ada dalam kisah tersebut antara lain, Ibrahim As, Azar (Bapak Ibrahim), Siti Hajar, Sarah, Ishaq As, Ismail As, dan Raja Namrud beserta kaumnya.
Ketersediaan
SA18059SKR BSA 18059Perpustakaan FAH (Skripsi BSA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

SKR BSA 18059

Penerbit

Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta.,

Deskripsi Fisik

vii, 69 hlm,; ilus,; 25 cm.

Bahasa

Arab

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

SKR BSA

Informasi Detil
Tipe Isi

text

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas

Share :


Link Repository

Pustaka Digital Internasional

Berikut link E-Jurnal, E-Book , dan E-Lib Internasional. Silahkan klik tab disamping, klik logo nya untuk menuju website Pustaka Digital Internasional

Punya kritik , saran , pesan harapan ?