PERPUSTAKAAN Prof. Dr. Nurcholish Madjid

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Polemik Penggunaan Dana Zakat Rumah Miskin Tasikmalaya antara Idharu Bai’atil Muluki Wal Umara (IBMU) dan Nahdlatul Ulama (1933-1934)

No image available for this title
Penelitian ini membahas mengenai polemik penggunaan dana zakat Rumah Miskin Tasikmalaya antara Idharu Bai’atil Muluki Wal Umaro (IBMU) dengan Nahdlatul Ulama (NU) cabang Tasikmalaya yang terjadi tahun 1933 hingga 1934. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika yang terjadi dalam polemik penggunaan dana zakat untuk Rumah Miskin Tasikmalaya, serta melihat alasan/dalil yang digunakan oleh Idhar dan NU dalam berargumen mengenai kebolehan atau ketidakbolehan digunakannaya dana zakat untuk Rumah Miskin Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah, dengan menggunakan teori al-Maslahah al-Mursalah dari Syekh Wahbah al-Zuhaili (w. 2015 M). Adapun pendekatan yang digunakan penulis adalah teologis normatif. Penelitian ini menggunakan majalah al-Imtisal dan al-Moechtaryang menjadi media pers Idhar serta majalah al-Mawa’idz yang menjadi media pers NU yang penulis temukan di Perpustkaan Nasional sebagai sumber primer penelitian ini. Dalam penelitian ini, penulis menemukan bahwa terdapat tiga faktor yang menyebabkan terjadinya polemik diantara Idhar dan NU, yakni perbedaan sikap kooperatif dan non-kooperatif kepada pemerintah Kolonial Belanda, perbedaan pemahaman pada teks al-Quran dan kitab fikih, serta perbedaan perspektif penerapan al-Maslahah al-Mursalah dalam pengelolaan dana zakat. Penulis menemukan setidaknya terdapat tujuh aspek yang diperdebatkan Idhar dengan NU, diantaranya mengenai landasan/dalil alQuran dan kitab fikih mengenai zakat, pembentukan PPMI sebagai penanggung jawab Rumah Miskin, tidak meratanya pembagian zakat kepada 8 golongan, kehadiran gharim buatan Idhar, masuknya permasalahan dana zakat pada masalah ijtihadiyyah, tuduhan Idhar pada NU sebagai agama baru, serta ketidakterbukaan dalam pembelian tanah Rumah Miskin dari dana zakat.
Ketersediaan
SS23030SKR SPI 23030Perpustakaan FAHTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

SKR SPI 23030

Penerbit

Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta.,

Deskripsi Fisik

xv, 102 hlm, 25 cm

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

SKR SPI

Informasi Detil
Tipe Isi

text

Tipe Media

unspecified

Tipe Pembawa

unspecified

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas

Share :


Link Repository

Pustaka Digital Internasional

Berikut link E-Jurnal, E-Book , dan E-Lib Internasional. Silahkan klik tab disamping, klik logo nya untuk menuju website Pustaka Digital Internasional

Punya kritik , saran , pesan harapan ?