PERPUSTAKAAN Prof. Dr. Nurcholish Madjid

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Gerakan Millenarian Kaiin Bapa Kayah: Protes Sosial Petani Tangerang 1924

No image available for this title
Peristiwa protes sosial petani Tangerang pada tahun 1924, yang dipimpin oleh seorang Dalang Wayang bernama Kaiin Bapa Kayah, yang juga pernah mengalami kehidupan sebagai petani miskin – dalam kacamata kolonial dianggap sebagai letupan-letupan kecil di tingkat lokal Karesidenan Batavia.
Ki Dalang sebagai sosok utama dari pergerakan tersebut, dalam perspektif pemerintah kolonial adalah tokoh pemberontak yang mengganggu stabilitas. Sebaliknya bagi petani Tangerang, Kaiin Bapa Kayah menjadi tokoh panutan yang dipenuhi karisma yang memberikan mereka obat penawar kerinduan zaman lampau sebelum tanah-tanah dikuasai oleh pemerintah Hindia-Belanda dan sekutu Tionghoanya, situasi yang berubah membuat petani-petani tidak dapat menguasai bahkan mendapatkan hak mereka sebagai kaum pribumi yang mewarisi sumber daya alam dari nenek moyangnya.
Para petani dan penduduk pribumi dibebani oleh berbagai macam pajak dan kewajiban bekerja menurut aturan para pendatang asing yang mengekspoitasi tanah dan tenaga mereka semata-mata untuk kepentingan perdagangan yang bahkan mereka tidak dapat menikmati keuntungan atas transaksi bisnis yang dilakukan oleh tuan tanah mereka.
Kehidupan sehari-hari mereka sudah disibukkan oleh pekerjaan paksa yang dilakukan atas perintah para tuan tanah maupun pemerintah kolonial. Sehingga tidak sedikit pun waktu luang mereka bisa digunakan untuk mencari pekerjaan sampingan dan menjalani kehidupan budayanya.
Situasi ini membuat kaum pribumi terdeprivasi (terampas) hak dan kewajiban mereka di tanah airnya sendiri. Rasa frustasi dan putus asa terkumpul dalam diri dan hati mereka tanpa ada ruang gerak untuk melawan penindasan ini. Dalam keadaan demikian mereka merindukan seorang tokoh besar yang berani dan menjanjikan perubahan besar dalam kehidupan, apalagi kepercayaan masyarakat tradisional di pulau Jawa meyakini ramalan akan kedatangan tokoh Ratu Adil Sang Juru Selamat.
Tradisi tertulis ramalan Jayabaya sangat populer tersiar di tengahtengah masyarakat. Keyakinan ini membawa dampak pada kepercayaan dan ketaatan kaum pribumi kepada tokoh-tokoh yang memiliki sumber kewahyuan untuk menjemput impian millenarian. Karena itu, tokoh semacam Kaiin Bapa Kayah turut memakai simbol-simbol millenarianisme dan mesianisme untuk meyakinkan masyakat petani agar berada di belakangnya dalam gerakan revolusionernya.
Pergerakan Millenarian Kaiin Bapa Kaya, sebagaimana gerakan sosial dan gerakan keagamaan lainnya, terjadi dalam ruang dan waktu yang sangat singkat, setelah sang pemimpin wafat atau dibunuh oleh penguasa kolonial, praktis tidak berkelanjutan. Peristiwa ini memang kecil, karena terletak di lokasi yang terbatas, Tangerang. Namun daya kejutnya, membuat pemerintah kolonial terganggu aktifitasnya dan bahkan cerita tentang perlawanan petani dan rakyat kecil di Tangerang ini terpublikasikan melalui jurnal internasional.
Pergerakan ini bila dilihat dari akar masalahnya adalah adanya kesenjangan kaum pribumi dengan para pendatang asing (terutama Belanda dan Tionghoa). Sumber-sumber ekonomi dikuasai oleh asing yang jumlah warganya sedikit dibandingkan penduduk pribumi. Praktek-praktek hukum yang diterapkan oleh pemerintah kolonial masih mendiskriminasi kaum pribumi. Kerja paksa juga diterapkan oleh penguasa kolonial. Semua sebab-sebab ini, bersatu padu dalam rasa ketidakpuasan kaum petani pribumi yang diwujudkan oleh protes sosial yang dipimpin oleh seorang Dalang yang dianggap sebagai tokoh yang tercerahkan untuk merealisasikan rasa keadilan.
Ketersediaan
TA16003TS SPI 2016 03Perpustakaan FAH (Tesis SPI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

TS SPI 2016 03

Penerbit

Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta.,

Deskripsi Fisik

x, 112 hlm.; ilus.; 25 cm.

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

TS SPI

Informasi Detil
Tipe Isi

text

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Share :


Link Repository

Pustaka Digital Internasional

Berikut link E-Jurnal, E-Book , dan E-Lib Internasional. Silahkan klik tab disamping, klik logo nya untuk menuju website Pustaka Digital Internasional

Punya kritik , saran , pesan harapan ?