PERPUSTAKAAN Prof. Dr. Nurcholish Madjid

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Suara Politik Pers Medan Prijaji: Kajian terhadap Tulisan R.M Tirto Adhisoerjo Tahun 1909-1910

No image available for this title
Skripsi ini berusaha untuk menganalisa pengaruh tulisan R.M. Tirto Adhisoerjo (1880-1918) dan kebijakan pemerintah terhadap pers. Dalam hal ini, pers sebagai alat perjuangan pribumi berpotensi menjadi ancaman bagi keberlangsungan politik kolonial Hindia Belanda. Selain itu skripsi ini juga ingin melanjutkan kajian pers (surat kabar) yang belum banyak membahas secara terperinci tentang pengaruh pers di abad ke-20 Masehi. Penelitian ini bersifat analitycal history, karena itu, metode yang penulis gunakan adalah kajian kualitatif, dan data penulis peroleh melalui penelusuran literatur dan dokumentasi.
Penulis mendasarkan analisa ini pada teknik penelitian sejarah: heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Dalam penelitian ini, penulis mendapatkan temuan-temuan baru terkait dengan pengaruh pers di awal abad ke-20 M. dengan mengkaji beberapa tulisan R.M. Tirto Adhisoerjo (1880-1918) dalam surat kabar Medan Prijaji. Selain itu, penulis juga menemukan fakta-fakta terkait suara-suara politik tentang pemerintah dan masyarakat pribumi dalam surat kabar Medan Prijaji. Dengan demikian, penelitian ini penulis harapkan dapat melengkapi penelitian-penelitian terdahulu yang belum sempat menjawab permasalahan yang menjadi fokus kajian skripsi ini.
Skripsi ini juga ingin meningkatkan kajian sejarah dari sudut pandang pers dengan pendekatan politik dan sosial. Dari hasil analisa dengan menggunakan pendekatan tersebut, penulis simpulkan bahwa tulisan-tulisan R.M Tirto Adhisoerjo yang bermuatan politik dalam surat kabar Medan Prijaji menjadi ancaman bagi keberlangsungan pemerintahan kolonial dan menjadi sarana penyadaran politik bagi masyarakat pribumi.
Ketersediaan
SS16019SKR SPI 2016 19Perpustakaan FAH (Skripsi SPI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

SKR SPI 2016 19

Penerbit

Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta.,

Deskripsi Fisik

viii, 111 hlm.; ilus.; 25 cm.

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

SKR SPI

Informasi Detil
Tipe Isi

text

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab

Share :


Link Repository

Pustaka Digital Internasional

Berikut link E-Jurnal, E-Book , dan E-Lib Internasional. Silahkan klik tab disamping, klik logo nya untuk menuju website Pustaka Digital Internasional

Punya kritik , saran , pesan harapan ?