PERPUSTAKAAN Prof. Dr. Nurcholish Madjid

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Transformasi genre dari musik rock ke musik pop religi: studi terhadap pesan dakwah lagu karya opick (2005-2015)

No image available for this title
Penelitian ini membahas tentang Transformasi Genre dari Musik Rock ke Musik Pop Religi; Studi Terhadap Pesan Dakwah Lagu Karya Opick (2005-2015). Aunur Rofiq Lil Firdaus atau yang lebih akrab dengan nama panggilan Opick, adalah salah seorang musisi religi Indonesia. Namun sebelum Opick memantapkan sebagai seorang musisi religi, Opick juga sempat bermusik beraliran rock. Tak lama berkarier dengan musik yang bernuansakan rock, kini Opick memilih menjadi musisi dengan berarilaran religi, dan berhasil menuai kesuksesan. Konsisten serta produktiv dalam berkarya menciptakan lagu-lagu religi, kini Opick di cap sebagai musisi yang cukup berpengaruh dalam Industri musik religi di Indonesia.
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pesan dakwah apa saja yang terkandung dalam lagu-lagu religi Opick setelah ia mengalami transformasi genre musik. Penelitian ini menggunakan metode sejarah dan bersifat deskriptif naratif dengan menggunakan pendekatan sosial. Temuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa setelah beralih jalur dari rock ke musik religi, dalam produktivitas Opick sejak tahun 2005-2015 terdapat pesan dakwah dan nilai-nilai Islami yang terkandung di setiap lagunya, mencakup nilai aqidah, syariah, akhlaq tasawuf dan sosial.
Ketersediaan
SS22058SKR SPI 22058Perpustakaan FAH (Skripsi SPI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

SKR SPI 22058

Penerbit

Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta.,

Deskripsi Fisik

xi, 67 hlm, ilusi; 25 cm

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

SKR SPI

Informasi Detil
Tipe Isi

text

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas

Share :


Link Repository

Pustaka Digital Internasional

Berikut link E-Jurnal, E-Book , dan E-Lib Internasional. Silahkan klik tab disamping, klik logo nya untuk menuju website Pustaka Digital Internasional

Punya kritik , saran , pesan harapan ?