PERPUSTAKAAN Prof. Dr. Nurcholish Madjid

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan memperolehgelar Sarjana Humaniora (S.Hum)

No image available for this title
Penelitian ini menganalisis tentang sentralisasi perempuan dalam pertunjukan Komedie Stamboel. Hiburan ini merupakan bentuk pertunjukan populer yang menggunakan kebudayaan Islam dalam repertoar ceritanya, yakni menggunakan kisah seribu satu malam dari Timur Tengah. Komedie Stamboel mengalami pembaharuan di awal abad ke-20 oleh grup Miss Riboet’s Orion dan Dardanella. Popularitas mereka memiliki keterkaitan yang kuat dengan perempuan yang dijadikan sebagai sentral. Seperti Miss Riboet dalam Grup Miss Riboet’s Orion, dan Miss Dja dalam rombongan Dardanella. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa lebih dalam tentang bagaimana perempuan dapat begitu sentral dalam pertunjukan Stambul.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Historis yang melewati empat tahap: heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Metode ini merujuk pada sumber-sumber berupa naskah drama, rekaman lagu, foto, serta sumber tertulis dalam majalah dan koran sezaman. Untuk mendapat analisa yang lebih jauh, peneliti menggunakan pendekatan sosiologi. Sedangkan teori yang digunakan adalah teori tentang feminis untuk mencapai gambaran jelas mengenai dunia perempuan dalam seni pertunjukan panggung.
Hasil dari penelitian ini memberi gambaran bahwa perempuan memiliki peran sentral dan memegang kunci penting dalam perjalanan karier sebuah rombongan Stambul. Perempuan dijadikan sebagai daya tarik dan digunakan sebagai sebuah strategi pasar untuk menarik lebih banyak perhatian publik. Tidak hanya
itu, perempuan berhasil mendapat penghargaan publik dan bertransformasi menjadi public figure yang dikagumi. Penulis berharap penelitian ini dapat memberi sudut pandang baru terhadap penulisan sejarah dalam dunia seni.
Ketersediaan
SS21058SKR SPI 21058Perpustakaan FAH (Skripsi SPI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

SKR SPI 21058

Penerbit

Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta.,

Deskripsi Fisik

222 hlm, ilusi; 25 cm

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

SKR SPI

Informasi Detil
Tipe Isi

text

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas

Share :


Link Repository

Pustaka Digital Internasional

Berikut link E-Jurnal, E-Book , dan E-Lib Internasional. Silahkan klik tab disamping, klik logo nya untuk menuju website Pustaka Digital Internasional

Punya kritik , saran , pesan harapan ?