PERPUSTAKAAN Prof. Dr. Nurcholish Madjid

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Mafhumu "al-jannati" fi qishati ādam 'alaihissalam fi al-qur'an (Dirasatan simiya 'iyyatan 'inda charles sanders pierce)

No image available for this title
Makna ‘al-Jannah’ Pada Kisah Adam p di Dalam AlQur’an (Studi Semiotika Charles Sanders Peirce) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna kata „al-jannah‟ pada kisah Nabi Adam p di dalam Al-Qur‟an yang dianalisis menggunakan semiotika Charles Sanders Peirce. Penelitian ini menggunakan dua sumber, yaitu sumber primer dan sekunder. Sumber primer yaitu Al-Qur‟an dan sumber sekunder yaitu buku-buku yang berkaitan dengan judul. Yang pertama dilakukan yaitu mengumpulkan data yang diperoleh dari Al-Qur‟an. Kemudian dianalisis menggunakan dua metode semiotika Charles Sanders Peirce, yaitu kepertamaan (firstness) yang terdiri dari qualisign, sinsign, legisign. Dan ketigaan (thirdness) yang terdiri dari rheme, dicent, argument. Setelah peneliti melakukan penelitian, maka didapatkan 16 kata „al-jannah‟ yang berkaitan dengan kisah Nabi Adam di dalam Al-Qur‟an dan dipilih 3 ayat untuk ditafsirkan dan dianalisis, yaitu kata “al-jannah” pada surat al-Baqarah : 35, Thaha : 121, dan al-A’raaf : 27. Makna dari kata „al-jannah‟ tersebut yaitu „al-jannah‟ yang bermakna rumah kenikmatan atau surga kekal yang berada di langit dan juga „al-jannah‟ yang bermakna kebun rindang atau surga yang berada di bumi. Adapun proses aplikasi semiotika Charles Sanders Peirce ini menyepakati bahwa “al-jannah yang dimaksudkan sebagai tempat tinggal Nabi Adam dan istrinya adalah surga keabadian yang berada di langit”. Kata Kunci: Al-Jannah, Al-Qur‟an, Semiotika Charles Sanders Peirce.
Ketersediaan
SA210005SKR BSA 210005Perpustakaan FAH (Skripsi BSA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

SKR BSA 210005

Penerbit

Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta.,

Deskripsi Fisik

85 hlm.

Bahasa

Arab

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

SKR BSA

Informasi Detil
Tipe Isi

text

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Share :


Link Repository

Pustaka Digital Internasional

Berikut link E-Jurnal, E-Book , dan E-Lib Internasional. Silahkan klik tab disamping, klik logo nya untuk menuju website Pustaka Digital Internasional

Punya kritik , saran , pesan harapan ?