Evaluasi kualitas layanan dengan menggunakan metode libqual+™ di perpustakaan umum kota depok
Nurfitriani arfah - Personal Name
Fadhilatul Hamdani - Personal Name
Nurfitriani Arfah (NIM: 1112025100021). Evaluasi Kualitas Layanan dengan
Menggunakan Metode LibQUAL+™ di Perpustakaan Umum Kota Depok.
Skripsi. Di bawah bimbingan Fadhilatul Hamdani, M.Hum Jakarta: Program
Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Syarif
Hidayatullah Jakarta. 2017
Penelitian ini membahas tentang evaluasi kualitas layanan dengan menggunakan
metode metode LibQUAL+™ di Perpustakaan Umum Kota Depok. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan berdasarkan aspek, affect
of service, information control dan Library as place di Perpustakaan Umum
Kota Depok. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
kuantitatif yang pengambilan datanya dilakukan melalui penyebaran kuesioner.
Populasi dari penelitian ini adalah pengguna terdaftar sebagai anggota perpustakaan
sampai September 2016 berjumlah 3417 orang. Dari populasi tersebut ditentukan
jumlah sampel berdasarkan rumus Slovin, diperoleh sampel berjumlah 97 orang.
Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian
menyatakan bahwa kualitas layanan berdasarkan aspek affect of service, pemustaka
cukup puas dengan Gap Adequancy (GA) bernilai positif dengan skor 0,85 dan
perpustakaan bernilai baik dengan Gap Superiority (GS) bernilai negatif dengan
Skor -0,98. Berdasarkan aspek information control, pemustaka cukup puas dengan
Gap Adequancy (GA) bernilai positif dengan skor 0,73 dan perpustakaan bernilai
baik dengan Gap Superiority (GS) bernilai negatif dengan Skor -1,29. Berdasarkan
Aspek library as place pemustaka cukup puas dengan Gap Adequancy (GA)
bernilai positif dengan skor 1,36 dan perpustakaan bernilai baik dengan Gap
Superiority (GS) bernilai negatif dengan Skor -0,54. Kualitas layanan secara
keseluruhan dari tiga dimensi LibQUAL+™ di Perpustakaan Umum Kota Depok
menunjukan bahwa Gap Adequancy (GA) yang bernilai positif dengan skor 0,98
menunjukan pemustaka cukup puas atas kualitas layanan. Gap Superiority (GS)
bernilai negatif dengan skor sebesar -0,93 yang menunjukan bahwa kualitas layanan
dinilai baik dan berada dalam batas toleransi/zone tolerance, namun belum mampu
memenuhi harapan sesungguhnya yang diinginkan pemustaka.
Menggunakan Metode LibQUAL+™ di Perpustakaan Umum Kota Depok.
Skripsi. Di bawah bimbingan Fadhilatul Hamdani, M.Hum Jakarta: Program
Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Syarif
Hidayatullah Jakarta. 2017
Penelitian ini membahas tentang evaluasi kualitas layanan dengan menggunakan
metode metode LibQUAL+™ di Perpustakaan Umum Kota Depok. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan berdasarkan aspek, affect
of service, information control dan Library as place di Perpustakaan Umum
Kota Depok. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
kuantitatif yang pengambilan datanya dilakukan melalui penyebaran kuesioner.
Populasi dari penelitian ini adalah pengguna terdaftar sebagai anggota perpustakaan
sampai September 2016 berjumlah 3417 orang. Dari populasi tersebut ditentukan
jumlah sampel berdasarkan rumus Slovin, diperoleh sampel berjumlah 97 orang.
Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian
menyatakan bahwa kualitas layanan berdasarkan aspek affect of service, pemustaka
cukup puas dengan Gap Adequancy (GA) bernilai positif dengan skor 0,85 dan
perpustakaan bernilai baik dengan Gap Superiority (GS) bernilai negatif dengan
Skor -0,98. Berdasarkan aspek information control, pemustaka cukup puas dengan
Gap Adequancy (GA) bernilai positif dengan skor 0,73 dan perpustakaan bernilai
baik dengan Gap Superiority (GS) bernilai negatif dengan Skor -1,29. Berdasarkan
Aspek library as place pemustaka cukup puas dengan Gap Adequancy (GA)
bernilai positif dengan skor 1,36 dan perpustakaan bernilai baik dengan Gap
Superiority (GS) bernilai negatif dengan Skor -0,54. Kualitas layanan secara
keseluruhan dari tiga dimensi LibQUAL+™ di Perpustakaan Umum Kota Depok
menunjukan bahwa Gap Adequancy (GA) yang bernilai positif dengan skor 0,98
menunjukan pemustaka cukup puas atas kualitas layanan. Gap Superiority (GS)
bernilai negatif dengan skor sebesar -0,93 yang menunjukan bahwa kualitas layanan
dinilai baik dan berada dalam batas toleransi/zone tolerance, namun belum mampu
memenuhi harapan sesungguhnya yang diinginkan pemustaka.
Ketersediaan
SP172080 | SKR IPI 2017 2080 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI 2017
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : fakultas Adab dan Humaniora., 2017
Deskripsi Fisik
ix, 157 lembar
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Nurfitriani arfah, Fadhilatul Hamdani
Tidak tersedia versi lain