PERPUSTAKAAN Prof. Dr. Nurcholish Madjid

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

PEMANFAATAN KOTAK KELANA PERPUSTAKAAN YAYASAN PUSTAKA KELANA OLEH SISWA SD DAN SMP

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan buku dan peran guru dalam
membantu para siswa untuk memanfaatkan program Kotak Kelana. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif. Teknik yang
digunakan dengan penyebaran kuesioner, sampel yang diambil sebanyak 76 siswa.
Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Hampir setengahnya siswa 36
(47%) sering memanfaatkan Kotak kelana, sebagian besar siswa 51 (67%)
memanfaatkan buku fiksi, sebagian besar siswa 40 (53%) memanfaatkan buku
novel/buku cerita, dan hampir setengahnya responden 33 (43%) memanfaatkan
buku Bahasa. Adapun alasan siswa memanfaatkan buku Kotak Kelana untuk
mengisi waktu luang yaitu hampir setengahnya siswa 37 (49%). Peran guru dalam
membantu siswa dalam memanfaatkan buku Kotak Kelana hampir setengahnya 47
(44%) adalah mengharuskan mereka membaca buku dari Kotak Kelana selama 15
menit sebelum memulai pelajaran, selain itu peran guru sebagian besar responden
39 (51%) adalah menyampaikan materi dengan cara yang menarik. Kesimpulannya
adalah keefektifan pemanfaatan program Kotak Kelana Perpustakaan Yayasan
Pustaka Kelana oleh siswa SD dan SMP akan lebih baik bila ada peran guru di
dalamnya
Ketersediaan
IPI19002SKR IPITersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

SKR IPI19002

Penerbit

Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta.,

Deskripsi Fisik

ix, 67 hlm.

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

SKR IPI

Informasi Detil
Tipe Isi

text

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas

Share :


Link Repository

Pustaka Digital Internasional

Berikut link E-Jurnal, E-Book , dan E-Lib Internasional. Silahkan klik tab disamping, klik logo nya untuk menuju website Pustaka Digital Internasional

Punya kritik , saran , pesan harapan ?