PERPUSTAKAAN Prof. Dr. Nurcholish Madjid

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Tendensi Dan Ideologi Al Jazeera Dan Cnn Berbahasa Arab Dalam Pemberitaan Kekerasan Islamic State Of Iraq And Syria (Isis)

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tendensi dan ideologi media online Al Jazeera Arabic dan CNN Arabic dalam menyajikan pemberitaan mengenai kekerasan yang dilakukan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Penelitian ini menggunakan teori analisis wacana kritis. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis struktur wacana berita. Struktur wacana berita dianalisis dengan menggunakan beberapa metode penelitian yaitu metode analisis wacana kritis model Teun A.van Dijk, metode padan intralingual, serta metode padan ekstralingual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Al Jazeera Arabic dan CNN Arabic sama-sama menunjukkan sikap tidak mendukung (unfavourable) terhadap kelompok ISIS dan tindak kekerasan yang dilakukannya. Namun media Al Jazeera Arabic cenderung menyajikan pemberitaan tersebut secara netral sedangkan media CNN Arabic memberitakan kelompok ISIS dan tindak kekerasan yang dilakukannya secara negatif. Media Al Jazeera Arabic dan CNN Arabic sama-sama menempatkan ISIS pada posisi marginal dan menggambarkan ISIS sebagai kelompok radikal yang kerap melakukan kekerasan dan merendahkan martabat wanita. Dalam wacana berita yang ditampilkan media Al Jazeera Arabic juga terdapat nuansa anti-Amerika dan media Al Jazeera Arabic dalam hal ini mewakili kepentingan publik Timur Tengah. Adapun media CNN Arabic cenderung menyajikan pemberitaan yang mendiskreditkan ISIS dengan memberikan label buruk kepada kelompok tersebut. Tendensi media CNN Arabic tersebut dipengaruhi oleh ideologi Barat yang berdasarkan pada kepentingan ekonomi (economic interest) dan kepentingan politik (political interest).
Ketersediaan
TS21004Tersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

Fakutas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta : Jakarta.,

Deskripsi Fisik

XIii, 244 hlm.

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

NONE

Informasi Detil
Tipe Isi

text

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Share :


Link Repository

Pustaka Digital Internasional

Berikut link E-Jurnal, E-Book , dan E-Lib Internasional. Silahkan klik tab disamping, klik logo nya untuk menuju website Pustaka Digital Internasional

Punya kritik , saran , pesan harapan ?