PERPUSTAKAAN Prof. Dr. Nurcholish Madjid

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Ma’ani al-Libas wa al-Tsaub wa Musytaqqatuma fi Al-Qur’an Al-Karim wa inda al-mufassirin = Makna Al-Libas dan Ats-Tsaub dan bentuk kata dari keduanya dalam Al-Quran Al-Karim dan menurut beberapa Tafsir (Studi Analisis Semantik)

No image available for this title
Penelitian ini berfokus pada kajian makna yang bertujuan menjelaskan makna Al-Libas dan Ats-Tsaub dan bentuk kata dari keduanya di dalam Al-Quran Al-Karim. Pada dasarnya dua kata tersebut merupakan bentuk sinonim dengan arti “pakaian”. Tetapi, menurut beberapa ahli tafsir keduanya memiliki arti berbeda. Inilah yang menjadi objek penelitian. Peneliti menganalisa makna kedua kata ini al-Libas dan ats-Tsaub dengan pendekatan studi semantik. Dalam penelitian ini digunakan dua rumusan masalah yaitu: pertama, untuk mengetahui makna kata al-Libas dan atsTsaub di beberapa tafsir. Kedua, untuk mengetahui persamaan dan perbedaan kata alLibas dan ats-Tsaub dalam beberapa Tafsir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yakni penulis mengkaji dan merujuk kepada rujukan yang membahas semantik atau makna yang terkait dengan pembahasan. Hasil dari penelitian ini, peneliti menemukan kata libas dan bentuk katanya ada ٖٔ di dalam AlQuran, di mana artinya menurut beberapa Tafsir, antara lain: tempat, pakaian, penutup, senjata, dan penderitaan. Adapun kata tsaub dan bentuk katanya terdapat ٕ2 di dalam al-Quran. Sedangkan maknanya menurut beberapa tafsir antara lain: balasan, pakaian, pertolongan, penutup, wajah, dan sebagainya.
Ketersediaan
SA2003BSA 2020 03Perpustakaan FAH (Skripsi BSA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

SA20006

Penerbit

Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta.,

Deskripsi Fisik

xvii, 92 hlm.: ilus.; 25 cm

Bahasa

Arab

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

SKR BSA

Informasi Detil
Tipe Isi

text

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas

Share :


Link Repository

Pustaka Digital Internasional

Berikut link E-Jurnal, E-Book , dan E-Lib Internasional. Silahkan klik tab disamping, klik logo nya untuk menuju website Pustaka Digital Internasional

Punya kritik , saran , pesan harapan ?