PERPUSTAKAAN Prof. Dr. Nurcholish Madjid

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jawara Banten: Keterlibatan Mas Jakaria Dalam Perlawanan Terhadap Pemerintah Kolonial Di Banten 1811-1827 M

No image available for this title
Skripsi ini bertujuan untuk membahas mengenai kondisi Banten ketika itu berada di bawah pemerintahan kolonial, yang kehadirannya banyak menimbulkan dampak buruk bagi masyarakat Banten. Dari kondisi ini muncul tokoh-tokoh yang menjadi pemimpin independen bagi masyarakat, salah satunya yaitu jawara. Jawara biasanya mempunyai kelebihan dalam hal fisik dan supranatural, karena hal itu maka mereka menjadi pemimpin dalam melakukan perlawanan terhadap pemerintah kolonial. Salah satu jawara yang kehadirannya sangat berpengaruh dan mempunyai kharisma yang luar biasa yaitu Mas Jakaria.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode historis, dalam mencari data untuk penelitian ini penulis mencarinya melalui wawancara dan juga pencarian literatur. Dalam penelitian ini menggunakan teori Karisma dari Max Weber.
Hasil dari penelitian ini yaitu Mas jakaria terhitung dari 1811-1827 M telah melakukan beberapa perlawanan terhadap pemerintah kolonial, bahkan ketika Mas Jakaria telah tiada namanya masih tetap digunakan oleh jawara penerusnya sebagai daya tarik untuk membuat masyarakat tertarik dalam melakukan perlawanan terhadap pemerintah kolonial. Mas Jakaria sebagai seorang jawara memiliki kharisma, ia dianggap luar biasa karena setelah kematiannya rohnya dapat dipercaya membantu perlawanan serupa, misalnya dalam peristiwa Cikande Udik pada tahun 1845 M, Mas Jakaria juga dipercaya sebagai orang yang sangat sakti, karena tubuhnya yang kebal dari senjata tajam dan dipercaya oleh masyarakat dapat menghilang.
Ketersediaan
SS19090SKR SPI 19090Perpustakaan FAH (Skripsi SPI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

SKR SPI 19090

Penerbit

Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta.,

Deskripsi Fisik

vii, 76 Hlm,ilus.; 25 Cm

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

SKR SPI

Informasi Detil
Tipe Isi

text

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Share :


Link Repository

Pustaka Digital Internasional

Berikut link E-Jurnal, E-Book , dan E-Lib Internasional. Silahkan klik tab disamping, klik logo nya untuk menuju website Pustaka Digital Internasional

Punya kritik , saran , pesan harapan ?