Tahlil al-akhtha al-lughawiyyah ladaa thalib al-mustawi al-tsalatsa al-tsanawiyyah bi madrasah al-hamidiyah bi depok jawa al-gharbiyyah
Rahmi erita - Personal Name
Tb Ade asnawi - Personal Name
Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Siswa Kelas Tiga
Madrasah Aliyah Al-Hamidiyah Depok Jawa Barat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan
berbahasa yang dilakukan siswa kelas 3 Madrasah Aliyah al-Hamidiyah Depok,
Jawa Barat. Kemudian mengetahui sebab-sebab yang membuat mereka
melakukan kesalahan tersebut, serta beberapa solusi untuk memperbaiki
kesalahan mereka. Penelitian ini menggunakan metode analisis kesalahan dan
merupakan langkah selanjutnya untuk analisis kontrastif dalam mengidentifikasi
kesalahan berbahasa. Adapun sampel penelitian ini, yaitu tulisan karangan
berbahasa arab yang dilakukan oleh 27 siswa tahun ajaran 2019/2020, tentang
tema yang berkaitan dengan kegiatan siswa di pesantren, dan mereka juga
memberi harakat pada teks berbahasa arab yang diambil dari buku siswa tahun
ajaran 2019/2020. Dalam penelitian ini ada tiga aspek kesalahan yang dilakukan
siswa, yaitu kesalahan nahwu, kesalahan shorof dan kesalahan imla’. Dari
penelitian ini menghasilkan 1014 kali kesalahan berbahasa, dengan rincian
kesalahan nahwu sebanyak 260 kali dengan presentase 25,6%, kesalahan shorof
sebanyak 572 kali dengan presentase 56,4% dan kesalahan imla’ sebanyak 182
kali dengan presentase 18%. Dan adapun sebab-sebab terjadinya kesalahan
berbahasa ini diantaranya ketidaktahuan akan pembatasan kaidah, interferensi
bahasa ibu ke dalam bentuk bahasa sasaran, kurangnya penerapan kaidah dan
asumsi yang salah.
Kata kunci : Analisis Kesalahan Berbahasa, Sekolah Madrasah Aliyah alHamidiyah Depok Jawa Barat
Madrasah Aliyah Al-Hamidiyah Depok Jawa Barat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan
berbahasa yang dilakukan siswa kelas 3 Madrasah Aliyah al-Hamidiyah Depok,
Jawa Barat. Kemudian mengetahui sebab-sebab yang membuat mereka
melakukan kesalahan tersebut, serta beberapa solusi untuk memperbaiki
kesalahan mereka. Penelitian ini menggunakan metode analisis kesalahan dan
merupakan langkah selanjutnya untuk analisis kontrastif dalam mengidentifikasi
kesalahan berbahasa. Adapun sampel penelitian ini, yaitu tulisan karangan
berbahasa arab yang dilakukan oleh 27 siswa tahun ajaran 2019/2020, tentang
tema yang berkaitan dengan kegiatan siswa di pesantren, dan mereka juga
memberi harakat pada teks berbahasa arab yang diambil dari buku siswa tahun
ajaran 2019/2020. Dalam penelitian ini ada tiga aspek kesalahan yang dilakukan
siswa, yaitu kesalahan nahwu, kesalahan shorof dan kesalahan imla’. Dari
penelitian ini menghasilkan 1014 kali kesalahan berbahasa, dengan rincian
kesalahan nahwu sebanyak 260 kali dengan presentase 25,6%, kesalahan shorof
sebanyak 572 kali dengan presentase 56,4% dan kesalahan imla’ sebanyak 182
kali dengan presentase 18%. Dan adapun sebab-sebab terjadinya kesalahan
berbahasa ini diantaranya ketidaktahuan akan pembatasan kaidah, interferensi
bahasa ibu ke dalam bentuk bahasa sasaran, kurangnya penerapan kaidah dan
asumsi yang salah.
Kata kunci : Analisis Kesalahan Berbahasa, Sekolah Madrasah Aliyah alHamidiyah Depok Jawa Barat
Ketersediaan
SA20037 | SKR BSA 20037 | Perpustakaan FAH (Skripsi BSA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR BSA 20037
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2020
Deskripsi Fisik
157 hlm, 18 x 25,5 cm
Bahasa
Arab
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR BSA
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Rahmi erita
Tidak tersedia versi lain