Pengaruh kegiatan reading class dalam mengembangkan kemampuan literasi informasi siswa di perpustakaan SDI Al-Ikhlas Cipondoh
Khadijah Zakia - Personal Name
Parhan Hidayat - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang reading class sebagai program literasi informasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang bagaimana pengaruh pelaksanaan reading class dalam meningkatkan literasi informasi siswa. Jenis pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa di dalam kegiatan ini siswa diajarkan kemampuan literasi informasi dasar seperti kemampuan membaca, menulis, membuat sebuah karya tulis, serta kemampuan untuk berbagi informasi dengan sesamanya (tutor sebaya). Kegiatan ini rutin dilakukan setiap hari sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Kegiatan reading class di lakukan oleh guru bahasa indonesia. Peran guru dalam kegiatan reading class ini adalah sebagai pelaksana program reading class yang membimbing serta mendampingi siswa selama di perpustakaan (selama kegiatan berlangsung). Sebagai program literasi informasi sekolah, reading class sangat banyak memberikan pengaruh positif pada siswa/i SDI Al-Ikhlas Cipondoh.
Ketersediaan
SP17117 | SKR IPI 2017 117 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI 2017 117
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2017
Deskripsi Fisik
xii, 71 hlm.: ilus.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Khadijah Zakia
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas