Islam dan Pendidikan; Analisis Wacana Kritis terhadap Teks Arab dalam Naskah Berita Anbā al-‘Ālam Karya K.H Abdullah bin Nuh
Misbahul Pajri - Personal Name
Abddullah - Personal Name
Tesis ini bertujuan untuk membuktikan wacana Islam dan Pendidikan
dalam naskah berita anbā al-‘ālam karya K.H Abdullah bin Nuh. naskah
berita anbā al-‘alām karya K.H Abdullah bin Nuh memuat berbagai macam
berita dunia terkhusus negara Arab sarat dengan wacana-wacan tentang Islam
dan pendidikan. Kemudian, kandungan wacana di dalam naskah ini memiliki
nilai-nilai Islam dan pendidikan yang memiliki relasi dengan konteks Islam
dan pendidikan di Indonesia.
Penelitian ini merupakan penelitian perpustakaan (Library Research)
yaitu penelitian yang memperoleh data dan informasi tentang objek
penelitiannya melalui buku-buku atau alat audiovisual lainnya. Pendekatan
wacana kritis; Fokus penelitian ini yang berhubungan dengan wacana nilainilai Islam dan pendidikan yang memiliki relasi dengan konteks Islam dan
pendidikan di Indonesia pada saat naskah berita tersebut ditulis. Ditinjau dari
perspektif teori Van Dijk dan teori bantu tentang Islam dan pendidikan.
Hasil dari penelitian ini adalah; pertama melihat dari berita-berita tentang
Islam dan pendidikan yang ditulis K.H Abdullah bin Nuh dapat digambarkan
bahwa K.H Abdullah bin Nuh sendiri menginginkan agar pendidikan
diarahkan ke yang lebih baik, kedua agar pendidikan di Indonesia memliki
ruang pada saat itu, yang mana seperti pendidikan formal lainnya. Salah satu
berita yang memuat tentang wacana tersebut ialah berita di negara Aljazair
yang mendirikan sekolah khusus wanita. Dari berita ini dapat dipastikan
bahwa penulis berita menginginkan bahwa wanita memiliki peran seperti
lelaki dalam ranah pendidikan yang bernilai Islam terkhususnya di Indonesia
pada saat itu.
dalam naskah berita anbā al-‘ālam karya K.H Abdullah bin Nuh. naskah
berita anbā al-‘alām karya K.H Abdullah bin Nuh memuat berbagai macam
berita dunia terkhusus negara Arab sarat dengan wacana-wacan tentang Islam
dan pendidikan. Kemudian, kandungan wacana di dalam naskah ini memiliki
nilai-nilai Islam dan pendidikan yang memiliki relasi dengan konteks Islam
dan pendidikan di Indonesia.
Penelitian ini merupakan penelitian perpustakaan (Library Research)
yaitu penelitian yang memperoleh data dan informasi tentang objek
penelitiannya melalui buku-buku atau alat audiovisual lainnya. Pendekatan
wacana kritis; Fokus penelitian ini yang berhubungan dengan wacana nilainilai Islam dan pendidikan yang memiliki relasi dengan konteks Islam dan
pendidikan di Indonesia pada saat naskah berita tersebut ditulis. Ditinjau dari
perspektif teori Van Dijk dan teori bantu tentang Islam dan pendidikan.
Hasil dari penelitian ini adalah; pertama melihat dari berita-berita tentang
Islam dan pendidikan yang ditulis K.H Abdullah bin Nuh dapat digambarkan
bahwa K.H Abdullah bin Nuh sendiri menginginkan agar pendidikan
diarahkan ke yang lebih baik, kedua agar pendidikan di Indonesia memliki
ruang pada saat itu, yang mana seperti pendidikan formal lainnya. Salah satu
berita yang memuat tentang wacana tersebut ialah berita di negara Aljazair
yang mendirikan sekolah khusus wanita. Dari berita ini dapat dipastikan
bahwa penulis berita menginginkan bahwa wanita memiliki peran seperti
lelaki dalam ranah pendidikan yang bernilai Islam terkhususnya di Indonesia
pada saat itu.
Ketersediaan
TA20002 | SKR BSA | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
TS BSA20002
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2020
Deskripsi Fisik
xvii, 80 hlm.: ilus.; 25 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
TS BSA
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Misbahul Pajri
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas