Kepuasan Pemustaka Terhadap Layanan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka)
Hoerullah - Personal Name
Fahma Rianti - Personal Name
Tujuan penelitian adalah ini untuk mengetahui kepuasan pemustaka terhadap layanan perpustakaan pada Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) berdasarkan harapan minimum, persepi dan harapan ideal pemustaka dengan menggunakan metode LibQUAL+ TM. Pengukuran dilakukan berdasarkan tiga dimensi yang dijadikan indicator pengukuran yaitu Affect of Service, Information Control dan Library as Place. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner, Sampel dalam penelitian ini yaitu anggota perpustakaan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) periode Januari sampai dengan bulan Mei 2018 berjumlah 3.125 orang yang dibatasi menggunakan rumus Yamane maka didapatkan jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dimana sampel yang terpilih adalah anggota perpustakaan aktif hasil penelitian menyatakan bahwa kualitas pelayanan berdasarkan dimensi affect of service (kinerja petugas dalam pelayanan) diperoleh AG (Adequacy Gap) positif dengan skor 0,87dan SG (Superiority Gap) negatif dengan skor -1.91. Pada dimensi information control (kualitas informasi dan akses informasi) diperoleh AG (Adequacy Gap) negative dengan skor 0,82 dan SG (Superiority Gap) negatif dengan sko r-2,04. Sedangkan pada dimensi Library as Place (sarana perpustakaan) diperoleh AG (Adequacy Gap) positif dengan skor 1,31dan SG (Superiority Gap) negatif dengan skor -1,74. Kualitas pelayanan secara keseluruhan dari tiga dimensi LibQUAL+ TM di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) diperoleh AG (Adequacy Gap) bernilai positif dengan skor 1 yang menunjukkan bahwa pemustaka merasa cukup puas dan SG (Superiority Gap) bernilai negatif dengan skor -1,89 yang menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dinilai baik dan berada dalam zona toleransi / zone of tolerance namun belum mampu memenuhi harapan ideal yang diinginkan oleh pemustaka.
Ketersediaan
SP19058 | SKR IPI 19058 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI 19058
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2019
Deskripsi Fisik
viii,115 hlm.;ilus,25 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
kepuasan pemustaka
Persepsi
kualitas pelayanan
LibQUAL+ TM ,
Harapan Minimum,
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Ha
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Hoerullah
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas