PERPUSTAKAAN Prof. Dr. Nurcholish Madjid

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Wakaf, tuhan dan agenda kemanusiaan : studi tentang wakaf dalam perspektif keadilan sosial di indonesia

Image of Wakaf, tuhan dan agenda kemanusiaan : studi tentang wakaf dalam perspektif keadilan sosial di indonesia
Buku hasil penelitian terhadap 500 lembaga wakaf di Indonesia ini mencoba mengidentifikasi berbagai persoalan perwakafan di tanah air. Berkembang selama ini sebuah asumsi bahwa wakaf yang dipraktikan di negeri ini belum banyak bergeser dari orientasi ritual keagamaan. Tanah-tanah wakaf yang ada merupakan persembahan untuk Tuhan, yang diabadikan dalam ribuan mesjid, mushalla, madrasah, pesantren, dan pemakaman. Amatlah kecil jumlah wakaf yang diperuntukkan bagi agenda sosial dan kemanusiaan.

Yakni untuk mengangkat harkat dan martabat kaum miskin dan papa, serta memberikan perlindungan atas hak-hak mereka yang tersingkirkan oleh sebuah struktur sosial yang timpang. Buku ini mengkonfirmasi asumsi di atas dan mencoba mengurai berbagai alasan mengapa wakaf-wakaf yang ada belum mampu mendukung berbagai inisiatif keadilan sosial dalam masyarakat. Berpijak pada paragdigma transformatif, buku ini berusaha mengkaji berbagai kemungkinan untuk meretas langkah-langkah perbaikan dan perubahan. Tujuannya agar wakaf tidak hanya menjadi penyanggah agama (religion), tetapi juga menjadi pendorong dinamika keberagaman (religiosity) yang menyatupadukan keimanan pada yang Esa dengan komitmen membumikan nilai-nilai kemanusiaan semesta.
Ketersediaan
B170762X4.252 AND wPerpustakaan FAH (2X4)Tersedia
B1925972X4.252 AND w c2Perpustakaan FAH (2X4)Tersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

2X4.252 AND w

Penerbit

CSRC UIN Jakarta : Jakarta.,

Deskripsi Fisik

xxv, 225 hlm.; 22cm.

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

9793531207

Klasifikasi

2X4.252

Informasi Detil
Tipe Isi

text

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

Cet. 1

Subyek

Wakaf

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab

Share :


Link Repository

Pustaka Digital Internasional

Berikut link E-Jurnal, E-Book , dan E-Lib Internasional. Silahkan klik tab disamping, klik logo nya untuk menuju website Pustaka Digital Internasional

Punya kritik , saran , pesan harapan ?