PERPUSTAKAAN Prof. Dr. Nurcholish Madjid

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Konflik sosial di kota ternate tahun 1999-2000

No image available for this title
Kota Ternate merupakan sebuah kota transit yang ada di kawasan Maluku Utara. Sebagai salah satu kota transit, Ternate mempunyai keberagaman etnis, suku, agama, dan ras yang hidup rukun dan saling berdampingan antara satu sama lain dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan adat se atorang. Namun hidup berdampingan tersebut. seketika lenyap ketika terjadi konflik sosial tahun 1999 baik antar agama yakni Islam dan Kristen maupun antar kelompok masyarakat yakni Pasukan Putih dan Pasukan Kuning. Skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan konflik sosial yang terjadi di Kota Ternate tahun 1999-2000 tersebut.
Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode historis dengan pendekatan sosiologi, ditambah dengan teori Konflik yang dikemukakan oleh Ralf Dahrendorf (1959). Pembahasan skripsi ini berfokus pada tatanan kehidupan sosial pada saat terjadinya konflik sosial di Kota Ternate tahun 1999 2000 dan dampak setelahnya. Berdasarkan data yang ditemukan, diperoleh kesimpulan bahwa konflik yang berkembang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu pergolakan politik elite lokal yang haus akan kekuasaan yang menimbulkan polarisasi dalam lapisan masyarakat sehingga konflik antar masyarakat sudah tidak dapat dihindarkan lagi. Selain itu dengan adanya PP. No. 42/1999 tentang pemekaran Kecamatan Malifut di daerah Kao juga menjadi faktor penting terjadinya konflik di Kota Ternate, dengan mengungsinya warga Makian ke Kota Ternate. Kemudian terjadinya gelombang pengungsi dari Ambon juga turut andil dalam meletusnya konflik sosial ini. Selama terjadinya konflik, ikatan adat dan budaya adat se atorang yang sudah tertanam di dalam masyarakat sebagai salah satu ikatan sosial antar masyarakat di Kota Ternate memiliki peran penting dalam diperolehnya kedamaian.
Ketersediaan
SS24006SKR SPI 24006Perpustakaan FAH (Skripsi SPI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

SKR SPI 24006

Penerbit

Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta.,

Deskripsi Fisik

xiii. 78 hlm, illus

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

SKR SPI

Informasi Detil
Tipe Isi

text

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas

Share :


Link Repository

Pustaka Digital Internasional

Berikut link E-Jurnal, E-Book , dan E-Lib Internasional. Silahkan klik tab disamping, klik logo nya untuk menuju website Pustaka Digital Internasional

Punya kritik , saran , pesan harapan ?