PERPUSTAKAAN Prof. Dr. Nurcholish Madjid

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Alih bahasa : wirid dan salawat sirrul hijaiyyah

Image of Alih bahasa : wirid dan salawat sirrul hijaiyyah
Naskah kuno beraksara lampung da berbahasa banten yang dibahas dalam kajian ini merupakan salah satu naskah yang mengandung teks wirid dan salawat. Naskah ini tidak memiliki judul, tetapi setelah dilakukan pembacaan dapat diketahui bahwa isi dari naskah ini adalah wirid dan salawat sirrul huruf hijaiyyah. dalam perkembangannya, penelitian ini mendapatkan benang merah antara isi teks dengan dunia tarekat, sufi, dan tasawuf. Penyusunan salawat menggunakan huruf hijaiyyah ini merupakan tradisi yang diwarisi dari ajaran tarekat dasuqiyah atau ibrahimiyah atau burhaniyah. syeikh ibrahim ad-dasuqi dienal dengan ajaran dan amalan yang dikenalkannya kepada para pengikut. salah satu amalan tersebut adalah pembacaan salawat. ia menyusun salawat dengan urutan huruf hijaiyah yang tak lain diwarisi dari tradisi penciptaan salawat oleh para ahli sufi dari tarekat syadziliyah. tentu saja fenomena ini tidak mengherankan sebab ibrahim ad-dasuqi juga pernah belajar tarekat syadziliyah.

Naskah wirid dan salawat sirrul huruf hijaiyyah ini merupakan naskah pertama yang ditemukan peneliti dan di dalamnya berisi teks tentang wirid dan salawat. isi dalam naskah ini diduga memiliki hubungan erat dengan praktik ibadah para pengikut tarekat nusantara. oleh sebab itu, penelitian terdahulu yang memiliki benang merah dengan penelitian ini adalah kajian seputar tasawuf dan wirid yang menjadikan naskah kuno sebagai korpus penelitiannya.
Ketersediaan
R2301R 091 LIS a c1Perpustakaan FAH (Referensi)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

R 091 LIS a

Penerbit

Perpusnas Press : Jakarta.,

Deskripsi Fisik

iv, 122 hlm, 23 x 16 cm

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

978-623-313-061-5

Klasifikasi

R 091

Informasi Detil
Tipe Isi

text

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

Naskah Kuno

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Share :


Link Repository

Pustaka Digital Internasional

Berikut link E-Jurnal, E-Book , dan E-Lib Internasional. Silahkan klik tab disamping, klik logo nya untuk menuju website Pustaka Digital Internasional

Punya kritik , saran , pesan harapan ?