PERPUSTAKAAN Prof. Dr. Nurcholish Madjid

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Strukturalisme dalam bahasa arab: teori dan aplikasinya

Image of Strukturalisme dalam bahasa arab: teori dan aplikasinya







Buku sederhana berjudul "strukturalisme dalam sastra arab : teori dan aplikasi" ini merupakan penyempurnaan dan pengembangan dari hasil-hasil penelitian terhadap puisi, prosa, dan drama arab kontemporer yang telah dilakukan dan telah diterbitkan pada jurnal nasional terakreditasi - jurnal humaniora fakultas ilmu budaya ugm, jurnal bahasa dan sastra universitas muhammadiyah surakarta (ums) dab diterbitkan dalam bentuk buku untuk kalangan sendiri sebagai bahan kuliah kajian sastra arab.

Berbicara tentang struktur, struktural, strukturalis, strukturalisme, atau apa pun itu istilahnya yang berkaitan dengan “struktur”, tidak selalu dalam arti yang sama dan banyak dipakai dalam berbagai bidang ilmu. Bidang ilmu tersebut meliputi matematika, logika, fisika, biologi, psikologi, antropologi, bahasa, sastra, agama, ilmu-ilmu kemanusiaan, dan lain sebagainya.

Struktur karya sastra merupakan susunan atau bangunan yang terdiri atas sejumlah unsur sebagai pembangun yang saling bergayutan satu sama lain. Setiap unsur mempunyai fungsi dan potensi masing-masing dalam membentuk sebuah struktur sehingga semua unsur saling membutuhkan dan dibutuhkan, walaupun di dalamnya terdapat unsur yang dominan. Akan tetapi, unsur yang dominan tersebut tidak boleh meremehkan unsur yang dipandang kurang dominan karena unsur tersebut juga berfungsi sebagai pembentuk kepaduan dan kesatuan makna. Artinya, sejumlah unsur dalam karya sastra membangun karya sastra itu sendiri sebagai sebuah struktur yang bulat dan utuh. Kebulatan dan keutuhan sebuah struktur terlihat dari keharmonisan, kesinergian, kekoherenan, dan keterjalinan unsur-unsur tersebut yang ada dalam karya sastra sesuai genrenya masing-masing.
Ketersediaan
B2325892.7 SAN s c1Perpustakaan FAH (800)Tersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

892.7 SAN s

Penerbit

Gadjah Mada University Press : Yogyakarta.,

Deskripsi Fisik

xvi, 212 hlm, 22,5 x 15,3 cm

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

978-602-386-302-0

Klasifikasi

892.7

Informasi Detil
Tipe Isi

text

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

Cet. 1

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Share :


Link Repository

Pustaka Digital Internasional

Berikut link E-Jurnal, E-Book , dan E-Lib Internasional. Silahkan klik tab disamping, klik logo nya untuk menuju website Pustaka Digital Internasional

Punya kritik , saran , pesan harapan ?