PERPUSTAKAAN Prof. Dr. Nurcholish Madjid

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Sarekat islam (si) dan ekonomi kerakyatan di pamekasan 1940-1970

No image available for this title
Sarekat Islam (SI) di Madura berkembang dikarenakan motif peningkatan taraf ekonomi yang berisikan spirit keagamaan. Potret di Pamekasan, SI memiliki peran penting dalam kantong perjuangan masyarakat pribumi dari penindasan sistemik politik kolonial Belanda serta stratifikasi ekonomi masyarakat.
Pada periode tahun 1940-1970, era ini SI Pamekasan dapat mengembangkan ekonomi bermotif kerakyatan sekaligus mampu menahan sirkulasi SI di Madura yang kian hari mengalami penurunan diakibatkan banyaknya kepentingan disebabkan internal dan eksternal seperti pengaruh tekanan kelas sosial tertentu dan pemerintah Hindia Belanda. Hadirnya peran tokoh keagamaan sebagai pimpinan SI di luar pusat kota Pamekasan menjadi pembeda di antara corak kepemimpinan SI di daerah Madura lainnya.
Menggunakan metode sejarah analitis, penelitian ini memperoleh temuan bahwa SI Pamekasan memiliki kontribusi pada pemerataan aktivitas perdagangan kalangan Santri dan Petani di wilayah pedesaan. Sementara umumnya SI di wilayah Madura lain berbasis di tengah kota. Di Pamekasan, Pesantren dan kiai SI berperan penting dalam proses dakwah di masyarakat seraya mengajarkan kemandirian ekonomi.
Ketersediaan
SS22034SKR SPI 22034Perpustakaan FAH (Skripsi SPI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

SKR SPI 22024

Penerbit

Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta.,

Deskripsi Fisik

vi, 70 hlm, ilusi; 25 cm

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

SKR SPI

Informasi Detil
Tipe Isi

text

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas

Share :


Link Repository

Pustaka Digital Internasional

Berikut link E-Jurnal, E-Book , dan E-Lib Internasional. Silahkan klik tab disamping, klik logo nya untuk menuju website Pustaka Digital Internasional

Punya kritik , saran , pesan harapan ?