PERPUSTAKAAN Prof. Dr. Nurcholish Madjid

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Penerapan metode penerjemahan komunikatif dalam kitab maba>di> awwaliyah (us}u>l al-fiqh wa al-qawa>id al-fiqhiyyah)

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan metode komunikatif dan strategi yang digunakan pada kitab Maba>di> Awwaliyah karya Abdul Hamid Hakim yang menjelaskan tentang ilmu ushul fiqh serta kaidah-kaidah fiqh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan linguistik terapan yang berlandaskan pada teks Maba>di> Awwaliyah sebagai objek penelitian.
Penerjemahan pada kitab Maba>di> Awwaliyah ini menerapkan metode komunikatif dengan bantuan strategi penerjemahan yang terdiri dari taqdim dan takhir, hadzf, ziyadah, dan tabdil. Berdasarkan strategi yang digunakan dalam menerjemahkan kitab Maba>di> Awwaliyah ini, strategi penerjemahan yang paling sering digunakan adalah strategi ziyadah dengan presentase 48,5%, lalu disusul dengan strategi taqdim dan takhir sebanyak 34%, lalu strategi hadzf sebanyak 15,5%, dan yang terakhir strategi penerjemahan tabdil sebanyak 2%. Metode komunikatif yang berorientasi pada teks sasaran yaitu kitab Maba>di> Awwaliyah efektif digunakan dalam penerjemahan buku tersebut. Adapun penerjemahan kitab ini dilakukan dengan menerapkan metode komunikatif karena metode penerjemahan ini memperhatikan prinsip-prinsip komunikatif sehingga dapat dipahami maksudnya oleh pembaca. Penulis mengambil data yang dikomunikatifkan karena faktor subjektif dari penulis. Adapun data yang sudah komunikatif dengan sendirinya, tidak menjadi data.
Ketersediaan
ST22019SKR STT 22019Perpustakaan FAH (Skripsi Tarjamah)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

SKR STT 22019

Penerbit

Fakulas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hiayatullah Jakarta : Jakarta.,

Deskripsi Fisik

x,81 hlm, ilusi; 25 cm

Bahasa

Arab

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

SKR STT

Informasi Detil
Tipe Isi

text

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas

Share :


Link Repository

Pustaka Digital Internasional

Berikut link E-Jurnal, E-Book , dan E-Lib Internasional. Silahkan klik tab disamping, klik logo nya untuk menuju website Pustaka Digital Internasional

Punya kritik , saran , pesan harapan ?