Pengaruh Promosi Perpustakaan Terhadap Penggunaan Aplikasi Ibi Library Melalui Persepsi Kemudahan Dan Kemanfaatan
Izza Risqoh Maulidiah - Personal Name
Ade Abdul Hak - Personal Name
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui
besaran pengaruh antara daya tarik promosi (X1), persepsi
kemudahan (X2), dan persepsi kemanfaatan (X3) terhadap
penggunaan aplikasi iBI Library (Y), secara parsial dan simultan.
Pada penelitian ini, daya tarik promosi (X1) merupakan variabel
bebas, dan penggunaan aplikasi iBI Library (Y) merupakan
variabel terikatnya. Sedangkan persepsi kemudahan (X2), dan
persepsi kemanfaatan (X3) merupakan variabel moderat yang
berfungsi memperkuat atau melemahkan pengaruh antara variabel
X dan Y, serta juga akan ditemukan pengaruhnya terhadap
variabel Y. Pendekatan kuantitatif-asosiatif adalah metode yang
diadopsi pada penelitian ini dengan pengambilan data
menggunakan kuesioner dan disebarkan secara online kepada 98
responden terpilih menggunakan teknik purposive sampling,
dengan kriteria 1) responden merupakan pengikut akun instagram
@perpusbi dan 2) Mengenal aplikasi iBI Library. Data penelitian
dianalisis menggunakan SPSS versi 25 pada uji kualitas data, uji
asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif secara
parsial antara Daya tarik promosi (X1) sebesar 3,244, Persepsi
kemudahan (X2) sebesar 3,846, dan Persepsi kemanfaatan (X3)
sebesar 4,452 terhadap penggunaan aplikasi iBI Library (Y) serta
memperoleh nilai 0,679 pada uji R2
besaran pengaruh antara daya tarik promosi (X1), persepsi
kemudahan (X2), dan persepsi kemanfaatan (X3) terhadap
penggunaan aplikasi iBI Library (Y), secara parsial dan simultan.
Pada penelitian ini, daya tarik promosi (X1) merupakan variabel
bebas, dan penggunaan aplikasi iBI Library (Y) merupakan
variabel terikatnya. Sedangkan persepsi kemudahan (X2), dan
persepsi kemanfaatan (X3) merupakan variabel moderat yang
berfungsi memperkuat atau melemahkan pengaruh antara variabel
X dan Y, serta juga akan ditemukan pengaruhnya terhadap
variabel Y. Pendekatan kuantitatif-asosiatif adalah metode yang
diadopsi pada penelitian ini dengan pengambilan data
menggunakan kuesioner dan disebarkan secara online kepada 98
responden terpilih menggunakan teknik purposive sampling,
dengan kriteria 1) responden merupakan pengikut akun instagram
@perpusbi dan 2) Mengenal aplikasi iBI Library. Data penelitian
dianalisis menggunakan SPSS versi 25 pada uji kualitas data, uji
asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif secara
parsial antara Daya tarik promosi (X1) sebesar 3,244, Persepsi
kemudahan (X2) sebesar 3,846, dan Persepsi kemanfaatan (X3)
sebesar 4,452 terhadap penggunaan aplikasi iBI Library (Y) serta
memperoleh nilai 0,679 pada uji R2
สภานภาพ
SP22011 | SKR IPI 22011 | Perpustakaan FAH | Available but not for loan - No Loan |
Detail Information
ชื่อชุด
-
เลขหมู่
SKR IPI 22011
ผู้จัดทำ
Fakutas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta : Jakarta., 2022
ลักษณะวัสดุ
xviii, 96 hlm.: ill.; 25 cm
ภาษา
Indonesia
ISBN/ISSN
-
หมวดหมู่
SKR IPI
Detail Information
Content Type
text
Media Type
-
Carrier Type
-
ครั้งที่จัดทำ
-
ชื่อเรื่องเพิ่ม
-
Statement of Responsibility
Izza Risqoh Maulidiah
No other version available
เอกสารดิจิทัล