Perkembangan Pondok Pesantren Al-Karimiyah Sawangan Depok 1990-2015
Alifianti Uswatun Hasanah - Personal Name
Jajang Jahroni - Personal Name
Pondok Pesantren adalah sebuah lembaga pendidikan agama Islam khas
Indonesia. Pada tahap perkembangannya Pondok Pesantren terus berkembang walau
sedikit demi sedikit mengalami modifikasi baik itu pembelajarannya atau metode
pengajarannya, tetapi tetap mempertahankan keasliannya. Kemampuan Pondok
Pesantren bertahan menjadikannya aset dalam bidang pendidikan. Pondok Pesantren
Al-Karimiyah merupakan salah satu pondok yang didirikan oleh Dr. KH. Ahmad
Damanhuri MA pada tahun 1990 yang dalam tahap perkembangan Pondok
Pesantrennya melebarkan sayap dengan mendirikan beberapa lembaga pendidikan
dari tingkat MI sampai dengan Sekolah Tinggi dan juga lembaga kemasyarakatan
yakni Majlis ta‟lim juga KBIH yang tidak semua Pondok Pesantren memilikinya
dalam jangka waktu yang signifikan yakni 25 tahun. Penelitian ini dilakukan dengan
metode penelitian sejarah yaitu merekonstruksi kembali sejarah dan perkembangan
Pondok Pesantren Al-Karimiyah, melalui tahapan heuristik, kritik, interpretasi,
historiografi. Sedangkan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah
melalui telaah pustaka, wawancara dan observasi langsung ke tempat penelitian.
Hasil yang diperoleh ialah biografi pendiri Pondok Pesantren, sejarah Pondok
Pesantren, Perkembangan Pondok Pesantren dan Perkembangannya dalam bidang
pendidikan, sosial, dan ekonomi.
Indonesia. Pada tahap perkembangannya Pondok Pesantren terus berkembang walau
sedikit demi sedikit mengalami modifikasi baik itu pembelajarannya atau metode
pengajarannya, tetapi tetap mempertahankan keasliannya. Kemampuan Pondok
Pesantren bertahan menjadikannya aset dalam bidang pendidikan. Pondok Pesantren
Al-Karimiyah merupakan salah satu pondok yang didirikan oleh Dr. KH. Ahmad
Damanhuri MA pada tahun 1990 yang dalam tahap perkembangan Pondok
Pesantrennya melebarkan sayap dengan mendirikan beberapa lembaga pendidikan
dari tingkat MI sampai dengan Sekolah Tinggi dan juga lembaga kemasyarakatan
yakni Majlis ta‟lim juga KBIH yang tidak semua Pondok Pesantren memilikinya
dalam jangka waktu yang signifikan yakni 25 tahun. Penelitian ini dilakukan dengan
metode penelitian sejarah yaitu merekonstruksi kembali sejarah dan perkembangan
Pondok Pesantren Al-Karimiyah, melalui tahapan heuristik, kritik, interpretasi,
historiografi. Sedangkan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah
melalui telaah pustaka, wawancara dan observasi langsung ke tempat penelitian.
Hasil yang diperoleh ialah biografi pendiri Pondok Pesantren, sejarah Pondok
Pesantren, Perkembangan Pondok Pesantren dan Perkembangannya dalam bidang
pendidikan, sosial, dan ekonomi.
Ketersediaan
SS19013 | SKR SPI 19013 | Perpustakaan FAH (Skrispsi SPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR SPI 19013
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2019
Deskripsi Fisik
v.50 hlm.ilus.25.cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR SPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Alifianti Uswatun Hasanah
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas