Analisis Harapan Dan Persepsi Siswa Terhadap Layanan Perpustakaan Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Jakarta
Wardatussamroh - Personal Name
Nurul Hidayati - Personal Name
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui harapan dan persepsi siswa terhadap
layanan perpustakaan Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Jakarta menggunakan metode
LibQUAL+
TM
modifikasi berdasarkan aspek affect of service, information control dan
library as place. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif dan metode penelitian survey dengan instrument kuesioner.
Penelitian ini diuji validitas menggunakan teknik Pearson Product Moment dan uji
reliabilitas menggunakan teknik Cronbach’s Alpha dengan bantuan IBM SPSS V22.
Populasi dari penelitian ini adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Jakarta kelas
8 dan 9 pada tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 543 orang. Dari populasi tersebut
ditentukan jumlah sampel berdasarkan rumus slovin, diperoleh sampel 100 orang.
Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Berdasarkan hasil
penelitian, layanan Perpustakaan Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Jakarta secara
umum dinilai oleh siswa cukup baik namun belum memenuhi kepuasan siswa. Hal
tersebut dapat diasumsikan atas hasil analisis kesenjangan antara harapan dan
persepsi siswa, ditinjau dari aspek kinerja pustakawan dalam pelayanan (Affect of
Service) memperoleh nilai Adequacy Gap (AG) negative -0,29 dan nilai Superiority
Gap (SG) negative -1,62. Kemudian pada aspek kualitas informasi dan akses
informasi (Information Control) memperoleh nilai Adequacy Gap (AG) negative 0,65
dan nilai Superiority Gap (SG) negative -1,95. Dan pada aspek sarana
perpustakaan (Library as Place) memperoleh nilai Adequacy Gap (AG) negative 0,04
dan
nilai
Superiority
Gap (SG)
negative
-1.11.
layanan perpustakaan Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Jakarta menggunakan metode
LibQUAL+
TM
modifikasi berdasarkan aspek affect of service, information control dan
library as place. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif dan metode penelitian survey dengan instrument kuesioner.
Penelitian ini diuji validitas menggunakan teknik Pearson Product Moment dan uji
reliabilitas menggunakan teknik Cronbach’s Alpha dengan bantuan IBM SPSS V22.
Populasi dari penelitian ini adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Jakarta kelas
8 dan 9 pada tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 543 orang. Dari populasi tersebut
ditentukan jumlah sampel berdasarkan rumus slovin, diperoleh sampel 100 orang.
Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Berdasarkan hasil
penelitian, layanan Perpustakaan Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Jakarta secara
umum dinilai oleh siswa cukup baik namun belum memenuhi kepuasan siswa. Hal
tersebut dapat diasumsikan atas hasil analisis kesenjangan antara harapan dan
persepsi siswa, ditinjau dari aspek kinerja pustakawan dalam pelayanan (Affect of
Service) memperoleh nilai Adequacy Gap (AG) negative -0,29 dan nilai Superiority
Gap (SG) negative -1,62. Kemudian pada aspek kualitas informasi dan akses
informasi (Information Control) memperoleh nilai Adequacy Gap (AG) negative 0,65
dan nilai Superiority Gap (SG) negative -1,95. Dan pada aspek sarana
perpustakaan (Library as Place) memperoleh nilai Adequacy Gap (AG) negative 0,04
dan
nilai
Superiority
Gap (SG)
negative
-1.11.
Ketersediaan
SP19019 | SKR IPI 19019 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
Skripsi2019
No. Panggil
SKR IPI 19019
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2019
Deskripsi Fisik
xi, 123 hlm,; ilus 25 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Wardatussamroh
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas