Strategi Perpustakaan Institut Teknologi Dan Bisnis Kalbis Dalam Mengembangkan Literasi Informasi Mahasiswa Untuk Menunjang Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi
Jamilah - Personal Name
Ida Farida - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh
Perpustakaan Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis dalam mengembangkan literasi
informasi mahasiswa dan kendala yang dihadapi oleh Perpustakaan Institut
Teknologi dan Bisnis Kalbis dalam
mengembangkan literasi informasi
mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dokumentasi
dan kajian pustaka. Informan dalam penelitian adalah kepala perpustakaan,
koordinator perpustakaan, dan 3 orang staf perpustakaan Institut Teknologi dan
Bisnis Kalbis. Hasil dari penelitian ini Perpustakaan Institut Teknologi dan Bisnis
Kalbis memiliki strategi untuk mengembangkan literasi informasi dengan cara
mendekati dan bertanya langsung kepada pemustaka serta mengajarkan Mind Map
agar dapat mengenali informasi yang dibutuhkan; mengajarkan penggunaan
Boolean Operators dan Google Syntax untuk mencari informasi secara efektif;
memberikan pendidikan pemakai kepada mahasiswa baru dengan mengenalkan
OPAC; e-journal yang dapat diakses di Perpustakaan Institut Teknologi dan
Bisnis Kalbis; serta fasilitas dan layanan lainnya dalam Kalbispheration Days;
mengajarkan teknik pengutipan melalui materi plagiarisme, mengajarkan materi
Reading dan SQ3R serta mengajarkan teknik penulisan karya ilmiah melalui
workshop alih bentuk skripsi menjadi artikel ilmiah; Mengajarkan cara
menggunakan media presentasi untuk menyampaikan informasi. Adapun kendala
yang dihadapi oleh Perpustakaan Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis dalam
mengembangkan literasi informasi mahasiswa ialah Penetapan waktu pelaksanaan
kegiatan literasi informasi yang tidak sesuai dengan harapan pemustaka;
kurangnya durasi waktu pelaksanaan kegiatan literasi informasi; belum
tersedianya sarana prasarana bagi Perpustakaan Institut Teknologi dan Bisnis
Kalbis untuk menunjang kegiatan literasi informasi; belum adanya kerjasama
antara pustakawan dengan dosen dalam mengintegrasikan pengajaran literasi
informasi ke dalam kurikulum pembelajaran mahasiswa.
Perpustakaan Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis dalam mengembangkan literasi
informasi mahasiswa dan kendala yang dihadapi oleh Perpustakaan Institut
Teknologi dan Bisnis Kalbis dalam
mengembangkan literasi informasi
mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dokumentasi
dan kajian pustaka. Informan dalam penelitian adalah kepala perpustakaan,
koordinator perpustakaan, dan 3 orang staf perpustakaan Institut Teknologi dan
Bisnis Kalbis. Hasil dari penelitian ini Perpustakaan Institut Teknologi dan Bisnis
Kalbis memiliki strategi untuk mengembangkan literasi informasi dengan cara
mendekati dan bertanya langsung kepada pemustaka serta mengajarkan Mind Map
agar dapat mengenali informasi yang dibutuhkan; mengajarkan penggunaan
Boolean Operators dan Google Syntax untuk mencari informasi secara efektif;
memberikan pendidikan pemakai kepada mahasiswa baru dengan mengenalkan
OPAC; e-journal yang dapat diakses di Perpustakaan Institut Teknologi dan
Bisnis Kalbis; serta fasilitas dan layanan lainnya dalam Kalbispheration Days;
mengajarkan teknik pengutipan melalui materi plagiarisme, mengajarkan materi
Reading dan SQ3R serta mengajarkan teknik penulisan karya ilmiah melalui
workshop alih bentuk skripsi menjadi artikel ilmiah; Mengajarkan cara
menggunakan media presentasi untuk menyampaikan informasi. Adapun kendala
yang dihadapi oleh Perpustakaan Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis dalam
mengembangkan literasi informasi mahasiswa ialah Penetapan waktu pelaksanaan
kegiatan literasi informasi yang tidak sesuai dengan harapan pemustaka;
kurangnya durasi waktu pelaksanaan kegiatan literasi informasi; belum
tersedianya sarana prasarana bagi Perpustakaan Institut Teknologi dan Bisnis
Kalbis untuk menunjang kegiatan literasi informasi; belum adanya kerjasama
antara pustakawan dengan dosen dalam mengintegrasikan pengajaran literasi
informasi ke dalam kurikulum pembelajaran mahasiswa.
Ketersediaan
SP19015 | SKR IPI 19015 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI 19015
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2019
Deskripsi Fisik
viii, 103 hlm,; ilus 25 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Jamilah
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas