Kebutuhan Informasi Guru Dalam Pembelajaran Siswa Disabilitas Grahita Di Slb Bcd Nusantara Ber-Asrama
Pratiwi Cyntiawati - Personal Name
Ida Farida, - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan informasi guru
dalam pembelajaran siswa tunagrahita dan upaya perpustakaan dalam
memenuhi kebutuhan informasi tersebut di SLB BCD Nusantara BerAsrama.
Penelitian
ini
menggunakan
metode
kualitatif
dengan
pendekatan
studi
kasus. Adapun jenis penelitian ini adalah deskrptif. Teknik
pengumpulan data adalah observasi, wawancara, kajian pustaka dan
dokumentasi. Teknik penguji keabsahan data menggunakan teknik
kredibilitas dengan metode triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Teknis
analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk memberikan
pembelajaran yang tepat bagi siswa tunagrahita, guru membutuhkan
informasi antara lain materi pembelajaran, metode pembelajaran, cara
mengukur tingkat perubahan hasil belajar siswa dan media belajar siswa
tunagrahita. Untuk memenuhi kebutuhan informasi guru-guru
menggunakan sumber informasi dari internet, sharing dengan guru lainnya
dan datang ke perpustakaan untuk mencari informasi yang guru butuhkan.
Upaya perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan informasi guru yaitu
dengan mengadakan analisis kebutuhan dengan menyebar angket,
menyediakan kotak saran di perpustakaan kemudian melakukan
pengadaan koleksi sesuai dengan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan.
dalam pembelajaran siswa tunagrahita dan upaya perpustakaan dalam
memenuhi kebutuhan informasi tersebut di SLB BCD Nusantara BerAsrama.
Penelitian
ini
menggunakan
metode
kualitatif
dengan
pendekatan
studi
kasus. Adapun jenis penelitian ini adalah deskrptif. Teknik
pengumpulan data adalah observasi, wawancara, kajian pustaka dan
dokumentasi. Teknik penguji keabsahan data menggunakan teknik
kredibilitas dengan metode triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Teknis
analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk memberikan
pembelajaran yang tepat bagi siswa tunagrahita, guru membutuhkan
informasi antara lain materi pembelajaran, metode pembelajaran, cara
mengukur tingkat perubahan hasil belajar siswa dan media belajar siswa
tunagrahita. Untuk memenuhi kebutuhan informasi guru-guru
menggunakan sumber informasi dari internet, sharing dengan guru lainnya
dan datang ke perpustakaan untuk mencari informasi yang guru butuhkan.
Upaya perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan informasi guru yaitu
dengan mengadakan analisis kebutuhan dengan menyebar angket,
menyediakan kotak saran di perpustakaan kemudian melakukan
pengadaan koleksi sesuai dengan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan.
Ketersediaan
SP19014 | SKR IPI 19014 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI 19014
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2019
Deskripsi Fisik
ix, 96 hlm.; ilus 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Pratiwi Cyntiawati
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas