Pengaruh Kemampuan Literasi Informasi Terhadap Kinerja Mengajar Guru Di SMK Kemala Bhayangkari Delog
Refi Alamsyah - Personal Name
Alfida - Personal Name
Tujuan penelitian ini adalah : Pertama untuk mengetahui kemampuan
literasi informasi Guru di SMK Kemala Bhayangkari Delog, kedua untuk
mengetahui kinerja mengajar Guru di SMK Kemala Bhayangkari Delog
dan yang ketiga untuk mengetahui pengaruh kemampuan literasi informasi
terhadap kinerja mengajar Guru di SMK Kemala Bhayangkari Delog.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian
deskriptif, dan metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah
menggunakan metode survei. Sedangkan teknik analisis data
menggunakan regresi linier sederhana dengan menggunakan software
SPSS V 22. Sampel dalam penelitian ini adalah Guru SMK kemala
Bhayangkari Delog yang berjumlah 36 Guru. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa kemampuan literasi informasi Guru di SMK Kemala
Bhayangkari Delog masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata
(3,19), dan hasil dari kinerja mengajar Guru di SMK kemala Bhayangkari
Delog masuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata (3,33).
Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif
dan signifikan antara kemampuan literasi informasi terhadap kinerja
mengajar Guru, yang berarti temuan ini menerima hipotesis Ha dan
menolak hipotesis Ho. Kemudian kemampuan literasi informasi
mempunyai hubungan atau korelasi yang cukup berpengaruh terhadap
kinerja mengajar Guru yaitu sebesar (0,578). Lalu hasil dari uji
determinasi ditemukan bahwa kontribusi kemampuan literasi informasi
terhadap kinerja mengajar Guru mendapatkan nilai sebesar 0,334 atau
33,4%. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan literasi informasi
mempunyai kontribusi sebesaar 33,4% terhadap kinerja mengajar Guru.
Sedangkan sisanya sebesar 66,6% berasal dari variabel lain yang tidak
disertakan dalam model penelitian ini.
literasi informasi Guru di SMK Kemala Bhayangkari Delog, kedua untuk
mengetahui kinerja mengajar Guru di SMK Kemala Bhayangkari Delog
dan yang ketiga untuk mengetahui pengaruh kemampuan literasi informasi
terhadap kinerja mengajar Guru di SMK Kemala Bhayangkari Delog.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian
deskriptif, dan metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah
menggunakan metode survei. Sedangkan teknik analisis data
menggunakan regresi linier sederhana dengan menggunakan software
SPSS V 22. Sampel dalam penelitian ini adalah Guru SMK kemala
Bhayangkari Delog yang berjumlah 36 Guru. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa kemampuan literasi informasi Guru di SMK Kemala
Bhayangkari Delog masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata
(3,19), dan hasil dari kinerja mengajar Guru di SMK kemala Bhayangkari
Delog masuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata (3,33).
Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif
dan signifikan antara kemampuan literasi informasi terhadap kinerja
mengajar Guru, yang berarti temuan ini menerima hipotesis Ha dan
menolak hipotesis Ho. Kemudian kemampuan literasi informasi
mempunyai hubungan atau korelasi yang cukup berpengaruh terhadap
kinerja mengajar Guru yaitu sebesar (0,578). Lalu hasil dari uji
determinasi ditemukan bahwa kontribusi kemampuan literasi informasi
terhadap kinerja mengajar Guru mendapatkan nilai sebesar 0,334 atau
33,4%. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan literasi informasi
mempunyai kontribusi sebesaar 33,4% terhadap kinerja mengajar Guru.
Sedangkan sisanya sebesar 66,6% berasal dari variabel lain yang tidak
disertakan dalam model penelitian ini.
Ketersediaan
SP19010 | SKR IPI 2019 010 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI 2019 010
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2019
Deskripsi Fisik
xv, 97 hlm.: ilus.; 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Literasi Informasi
Kinerja Mengajar Guru
Big 6
pengaruh kemampuan literasi informasi terhadap ki
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Refi Alamsyah, Alfida
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas