Kebutuhan Dan Perilaku Pencarian Informasi Guru Luar Biasa - B Studi Kasus Pada Sma Lb Santi Rama
Aprilia Melfi Putri - Personal Name
Nurul Hayati - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan informasi dan perilaku
pencarian informasi guru SMA LB Santi Rama dalam menunjang proses
mengajar.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan
pendekatan kualitatif. Informan pada penelitian ini adalah guru SMA LB Santi
Rama. Penentuan informan dilakukan secara purposive sampling. Teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi literatur dan dokumentasi.
Sedangkan teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan meliputi
pengu
mpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa informasi yang dibutuhkan guru SMA LB Santi
Rama terbagi menjadi 5 kategori yaitu 1) Kebutuhan informasi pada saat awal
tahun ajaran baru, 2) Informasi sebelum mengajar, 3) informasi saat mengajar, 4)
metode mengajar, 5). Informasi menambah wawasan. Proses perilaku pencarian
informasi yang dilakukan guru SMA LB Santi Rama berbeda-beda. Namun
umumnya tahapan dalam pencarian informasi sesuai dengan teori Ellis yaitu
starting, chaining, browsing, differentiating, monitoring, extracing,
verifying,
ending. Ada 2 hal yang perlu dicermati dalam tahapan yang dilakukan guru SMA
LB dalam proses pencarian informasi yaitu dalam melakukan tahapan chaining,
yang dilakukan guru dalam pencarian informasi bukanlah merujuk pada daftar
pustaka ataupun referensi lain, melainkan bertanya kepada rekan satu prosfesi atau
pakar pendidikan. Kemudian pada tahapan montoring guru SMA LB Santi Rama
tidak melakukan tahapan ini secara terpisah, tetapi ini sudah dilakukan pada saat
pencarian informasi pada tahapan
browsing untuk mencari informasi yang terbaru.
Sumber informasi yang digunakan guru SMA LB Santi Rama dalam pencarian
informasi terbagi menjadi 2 yaitu sumber dokumenter: buku pelajaran, majalah,
dan koran sedangkan untuk sumber non dokumenter yaitu pakar pendidikan, guru
senior, teman dan internet. Kendala dalam proses pencarian informasi yang
dihadapi guru SMA LB Santi Rama adalah sulitnya menentukan keyword,
kurangnya waktu, sumber informasi yang letaknya tidak beraturan, listrik dan
fasilitas internet yang kurang mendukung. Solusi yang digunakan guru SMA LB
Santi Rama yaitu mencari informasi dari teman sejawat dan mencari materi
alternatif untuk proses mengajar.
pencarian informasi guru SMA LB Santi Rama dalam menunjang proses
mengajar.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan
pendekatan kualitatif. Informan pada penelitian ini adalah guru SMA LB Santi
Rama. Penentuan informan dilakukan secara purposive sampling. Teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi literatur dan dokumentasi.
Sedangkan teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan meliputi
pengu
mpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa informasi yang dibutuhkan guru SMA LB Santi
Rama terbagi menjadi 5 kategori yaitu 1) Kebutuhan informasi pada saat awal
tahun ajaran baru, 2) Informasi sebelum mengajar, 3) informasi saat mengajar, 4)
metode mengajar, 5). Informasi menambah wawasan. Proses perilaku pencarian
informasi yang dilakukan guru SMA LB Santi Rama berbeda-beda. Namun
umumnya tahapan dalam pencarian informasi sesuai dengan teori Ellis yaitu
starting, chaining, browsing, differentiating, monitoring, extracing,
verifying,
ending. Ada 2 hal yang perlu dicermati dalam tahapan yang dilakukan guru SMA
LB dalam proses pencarian informasi yaitu dalam melakukan tahapan chaining,
yang dilakukan guru dalam pencarian informasi bukanlah merujuk pada daftar
pustaka ataupun referensi lain, melainkan bertanya kepada rekan satu prosfesi atau
pakar pendidikan. Kemudian pada tahapan montoring guru SMA LB Santi Rama
tidak melakukan tahapan ini secara terpisah, tetapi ini sudah dilakukan pada saat
pencarian informasi pada tahapan
browsing untuk mencari informasi yang terbaru.
Sumber informasi yang digunakan guru SMA LB Santi Rama dalam pencarian
informasi terbagi menjadi 2 yaitu sumber dokumenter: buku pelajaran, majalah,
dan koran sedangkan untuk sumber non dokumenter yaitu pakar pendidikan, guru
senior, teman dan internet. Kendala dalam proses pencarian informasi yang
dihadapi guru SMA LB Santi Rama adalah sulitnya menentukan keyword,
kurangnya waktu, sumber informasi yang letaknya tidak beraturan, listrik dan
fasilitas internet yang kurang mendukung. Solusi yang digunakan guru SMA LB
Santi Rama yaitu mencari informasi dari teman sejawat dan mencari materi
alternatif untuk proses mengajar.
Ketersediaan
SP18063 | SKR IPI 18063 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI 18063
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2018
Deskripsi Fisik
ix, 99 hlm,; ilus 25 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Aprilia Melfi Putri
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas