Penggunaan bahan referensi sebagai sarana pembelajaran siswa diperpustakaan sekolah MAN 1 Leuwiliang
Nur afidah - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Penggunaan Bahan Referensi sebagai Sarana Pembelajaran Siswa di Perpustakaan Sekolah MAN 1 Leuwiliang Bogor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penggunaan Bahan Referensi sebagai Sarana Pembelajaran Siswa di Perpustakaan Sekolah MAN Leuwiliang Bogor dan kendala yang dihadapi siswa dalam penggunaan referensi di perpustakaan MAN Leuwiliang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa MAN 1 Leuwiliang kelas 10, 11, dan 12 yang berjumlah 791 sebagai populasi penelitian.Sampel penelitian ini berjumlah 80 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan angket/kuesioner. Pengolahan data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan hampir sebagian besar (56,25%) mengetahui adanya koleksi referensi dari 80 jumlah responden sebanyak 45 orang sudah mengetahui dengan presentase 56,25%. Jenis koleksi referensi yang digunakan siswa, sebagian kecil yang menjawab kamus sebanyak 25,84%, kamus bahasa Inggris sebagian kecil menjawab sebanyak 17,97%, hampir setengahnya menjawab kamus bahasa Arab sebanyak 35,95%, sebagian kecil menjawab kamus bahasa Indonesia sebanyak 12,35%, sebagian kecil menjawab kamus al-quran sebanyak 7,86%, hampir setengahnya menjawab ensiklopedia sebanyak 35,71%, hampir setengahnya menjawab ensiklopedia umum sebanyak 30,35%, hampir setengahnya menjawab ensiklopedia Islam sebanyak 33,92%, hampir setengahnya menjawab buku pegangan sebanyak 37,5%, hampir setengahnya menjawab sumber geografi sebanyak 30%, dan hampir setengahnya menjawab buku biografi sebanyak 32,5%. Koleksi referensi yang paling sering digunakan adalah kamus bahasa Arab dengan presentase 35,95%. Hampir sebagian besar koleksi referensi di gunakan siswa untuk menjadi petunjuk informasi yang di butuhkan dengan hasil presentase 57,5% dari jumlah responden. dan hampir setengahnya siswa sudah merasa puas menggunakan koleksi referensi yang ada di perpustakaan dengan presentase 48,75%. Dan sebagian kecil bahasa menjadi kendala siswa dalam menggunakan koleksi referensi di perpustakaaan MAN 1 Leuwiliang dengan presentase 35%.
Ketersediaan
SP16022 | SKR IPI 2016 022 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI 2016 022
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2016
Deskripsi Fisik
viii, 65 hlm.: ilus.; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Perpustakaan Sekolah
karya umum
Koleksi referensi
Epistemologi
kebebasan
penggunaan koleksi referensi
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Nur afidah
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas