Peran perpustakaan SD An-Nisaa' dalam meningkatkan literasi informasi
Lear, Jonathan - Personal Name
John Finnis - Personal Name
Yanita Safilla - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan Perpustakaan SD An-Nisaa' dalam meningkatkan literasi informasi dan untuk mengetahui dampak yang diperoleh siswa dari peningkatkan literasi informasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang pengambilan datanya dilakukan melalui kuesioner dan observasi. Kuesioner disebar kepada siswa kelas 3 SD dengan populasi penelitian seluruh siswa SD berjumlah 504 siswa. Adapun sampel yang digunakan sebanyak 51 responden atau 10% dari keseluruhan dengan menggunakan teknik accidental sampling. Model literasi informasi The Big6 Skills digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum peran perpustakaan dalam meningkatkan literasi informasi sudah baik. Hal ini terlihat dari berbagai upaya- upaya yang telah dilakukan perpustakaan dalam meningkatkan literasi informasi dan dampak yang diperoleh siswa dari peningkatkan literasi informasi. Upaya- upaya yang dilakukan perpustakaan dalam meningkatkan literasi informasi yaitu perpustakaan mengenalkan DDC untuk menemukan sumber bacaan, kelengkapan koleksi perpustakaan sekolah, memahami pelatihan pendidikan pemakai, dan pustakawan membantu dalam mengakses informasi. Adapun skor rata-rata yang didapatkan adalah 3,24 dan menunjukkan nilai positif. Kemudian mengenai dampak yang diperoleh siswa dari peningkatan literasi informasi juga mencapai nilai positif. Hasil skor akhir rata-rata adalah 3,07. Keduanya berada pada skala interval 2,523,27.
Ketersediaan
SP14008 | SKR IPI 14008 | (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI 14008
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2014
Deskripsi Fisik
x, 94 hlm,; ilus,; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Yanita Safilla
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas