Taḥlīl Al-Akhṭā Al-Imlāiyyah Al-'Arabiyyah Ladā Ṭullāb Al-Madrasah Al- Ṡānawiyyah Al- Ḥukūmiyyah 14 bijākartā Al-Syarqiyah
Farhan Abdurrafi - Personal Name
Mugy Nugraha - Personal Name

Penelitian ini membahas tentang analisis kesalahan imla Arab pada siswa Madrasah
Aliyah Negeri 14 Jakarta Timur. Penelitian ini bersifat lapangan dengan menggunakan
metode deskriptif analitis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran
tentang bentuk-bentuk kesalahan imla' Arab pada siswa, serta menganalisis penyebab
terjadinya kesalahan tersebut. Data dan sumber data dari penelitian ini adalah tulisan siswa
pada imla' Istima'i bahasa Arab yang diambil dari buku bahasa Arab khusus Madrasah Aliyah
dari pemerintah kementrian agama. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan cara
observasi dan wawancara. Kesimpulan yang diperoleh dari analisis yang telah dilakukan
terdapat 21 kata kesalahan imla' pada siswa Madrasah Aliyah Negeri 14 Jakarta Timur. Dan
peneliti mendapatkan kesalahan pada penulisan Hamzah diawal kalimat, Alif Allayyinah, Ta'
Maftuhah dan Ta' Marbutoh. Adapun penyebab kesalahan imla' pada siswa kurangnya
pemahaman siswa terhadap imla' Arab, kurangnya latihan menulis bahasa Arab, kurangnya
kosa kata bahasa Arab, kurangnya pengentahuan tentang kaidah imla' bahasa Arab.
Aliyah Negeri 14 Jakarta Timur. Penelitian ini bersifat lapangan dengan menggunakan
metode deskriptif analitis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran
tentang bentuk-bentuk kesalahan imla' Arab pada siswa, serta menganalisis penyebab
terjadinya kesalahan tersebut. Data dan sumber data dari penelitian ini adalah tulisan siswa
pada imla' Istima'i bahasa Arab yang diambil dari buku bahasa Arab khusus Madrasah Aliyah
dari pemerintah kementrian agama. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan cara
observasi dan wawancara. Kesimpulan yang diperoleh dari analisis yang telah dilakukan
terdapat 21 kata kesalahan imla' pada siswa Madrasah Aliyah Negeri 14 Jakarta Timur. Dan
peneliti mendapatkan kesalahan pada penulisan Hamzah diawal kalimat, Alif Allayyinah, Ta'
Maftuhah dan Ta' Marbutoh. Adapun penyebab kesalahan imla' pada siswa kurangnya
pemahaman siswa terhadap imla' Arab, kurangnya latihan menulis bahasa Arab, kurangnya
kosa kata bahasa Arab, kurangnya pengentahuan tentang kaidah imla' bahasa Arab.
Ketersediaan
SA24023 | SKR BSA 24023 | Perpustakaan FAH (Skripsi BSA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR BSA 24023
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Arab
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR BSA
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Farhan Abdurrafi
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas