Analisis Literasi Infromasi Guru Sekolah Menengah Atas Negeri 32 Jakarta
Mohammad Bagas Pratama - Personal Name
Al Muhdil Karim - Personal Name

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses literasi informasi guru di SMAN 32 Jakarta serta upaya dalam mengatasi kendala pada proses literasi informasi guru SMAN 32 Jakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Proses pemilihan informan menggunakan purposive sampling, dengan data yang diperoleh melalui wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan para guru SMAN 32 Jakarta telah melalui empat tahap proses literasi informasi dalam menunjang kompetensi profesionalismenya yaitu:(1) perumusan masalah, mengidentifkasi topik dan menentukan kebutuhan informasi. (2) eksplorasi, mengakses dan menyeleksi sumber informasi. (3) penggunaan, mengorganisasi, penyusunan dan penciptaan informasi. (4) penyajian informasi. Adapun upaya dalam mengatasi kendala pada proses literasi informasi tersebut adalah: (1) memaksimalkan penggunaan kata kunci dan bertanya pada orang lain jika mengalami kesulitan dalam mendapatkan informasi (2) memilah informasi dengan melihat domain atau daftar pustaka untuk menghindari informasi hoax. (3) meminta masukan mengenai tata bahasa yang digunakan, melihat kelengkapan data yang diperlukan, dan memperhatikan format penyajian informasi jika kurang yakin dengan informasi yang dihasilkan.
Ketersediaan
SP24051 | SKR IPI 24051 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI 24051
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2024
Deskripsi Fisik
x, 119 hlm
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
volume
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Mohammad Bagas Pratama
Tidak tersedia versi lain