Pengaruh literasiinformasi dan literasi digital terhadap efektivitas belajar siswa madrasah tsanawiyah miftahul umam
Fathurrahman Saleh - Personal Name
Fadhilatul Hamdani - Personal Name

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi
informasi dan literasi digital terhadap efektivitas belajar siswa
Madrasah Tsanawiayah Miftahul Umam. Penelitian difokuskan
pada pengaruh masing-masing literasi terhadap efektivitas belajar
serta pengaruh bersama-sama kedua literasi tersebut terhadap
efektivitas belajar. Populasi penelitian dibatasi pada siswa kelas 8
Madrasah Tsanawiayah Miftahul Umam. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian Kuantitatif Eksplanatif untuk
mengidentifikasi seberapa besar pengaruh yang diberikan dari
masing masing variabel independen kepada variabel dependen.
Teknik statistik deskriptif asosiatif digunakan untuk menganalisis
dan menyajikan data. Hasil penelitian menunjukkan nilai
signifikansi pada Uji T untuk variabel Literasi Informasi (X1)
terhadap Efektivitas belajar (Y) memperoleh skor 0,000 < 0,05
dan untuk variabel Literasi Digital (X2) terhadap Efektivitas
belajar (Y) memperoleh skor 0,002 < 0,05 sehingga dapat
disimpulkan bahwa variabel literasi informasi dan literasi digital
secara parsial berpengaruh terhadap efektivitas belajar siswa.
Berdasarkan hasil Uji F dalam penelitian ini memperoleh skor
yaitu 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa literasi
informasi dan literasi digital secara simultan berpengaruh
terhadap efektivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil hitung
sumbangan prediktor memperoleh hasil bahwa pengaruh yang
diberikan oleh variabel literasi informasi terhadap efektivitas
belajar yaitu sebesai 22,6% dan pengaruh yang diberikan oleh
variabel literasi digital terhadap efektivitas belajar yaitu sebesar
10,1%.
informasi dan literasi digital terhadap efektivitas belajar siswa
Madrasah Tsanawiayah Miftahul Umam. Penelitian difokuskan
pada pengaruh masing-masing literasi terhadap efektivitas belajar
serta pengaruh bersama-sama kedua literasi tersebut terhadap
efektivitas belajar. Populasi penelitian dibatasi pada siswa kelas 8
Madrasah Tsanawiayah Miftahul Umam. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian Kuantitatif Eksplanatif untuk
mengidentifikasi seberapa besar pengaruh yang diberikan dari
masing masing variabel independen kepada variabel dependen.
Teknik statistik deskriptif asosiatif digunakan untuk menganalisis
dan menyajikan data. Hasil penelitian menunjukkan nilai
signifikansi pada Uji T untuk variabel Literasi Informasi (X1)
terhadap Efektivitas belajar (Y) memperoleh skor 0,000 < 0,05
dan untuk variabel Literasi Digital (X2) terhadap Efektivitas
belajar (Y) memperoleh skor 0,002 < 0,05 sehingga dapat
disimpulkan bahwa variabel literasi informasi dan literasi digital
secara parsial berpengaruh terhadap efektivitas belajar siswa.
Berdasarkan hasil Uji F dalam penelitian ini memperoleh skor
yaitu 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa literasi
informasi dan literasi digital secara simultan berpengaruh
terhadap efektivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil hitung
sumbangan prediktor memperoleh hasil bahwa pengaruh yang
diberikan oleh variabel literasi informasi terhadap efektivitas
belajar yaitu sebesai 22,6% dan pengaruh yang diberikan oleh
variabel literasi digital terhadap efektivitas belajar yaitu sebesar
10,1%.
Ketersediaan
SP24023 | SKR IPI 24023 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI 24023
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Fathurrahman Saleh
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas