Pendidikan popular muhammadiyah dan perubahan sosial di jawa bagian tengah Pada masa hindia belanda 1912-1942
Haryo Mojopahit - Personal Name
Sudarnoto Abdul Hakim - Personal Name

Tesis ini membahas gerakan filantropi pendidikan Muhammadiyah
dalam kerangka pendidikan popular dengan menggunakan metode
sejarah. Program-program pendidikan Muhammadiyah yang
dilakukan pada masa Hindia Belanda memenuhi beberapa unsur
pendidikan popular, seperti ditujukan untuk memahami dan
mengubah struktur masyarakat kolonial, mendorong rasionalitas
untuk menghadapi kesadaran magis dan naif, menggunakan
pendekatan dialog (hiwar), mendorong praksis (tajdid), dan
menggunakan pendekatan penghadapan terhadap masalah melalui
kurikulum terpadu (problem-posing learning through integrated
curriculum). Perbedaan antara pendidikan Muhammadiyah dan
pendidikan popular berawal dari perbedaan konteks kelahiran
keduanya. Muhammadiyah menanamkan Etos Muhammadiyah
dalam aktivitas pendidikannya sehingga mendorong masyarakat
untuk mengubah nasibnya dan mendorong perubahan di
sekelilingnya. Program pendidikan Muhammadiyah meningkatkan
semangat pembaharuan ajaran agama dan rasionalitas, mendorong
literasi dan numerasi, memberikan pendidikan yang setara untuk
kaum perempuan, dan mendidik guru sebagai agen perubahan
pendidikan. Sebagai hasilnya, terjadi perubahan sosial ekonomi di
beberapa wilayah di Jawa Bagian Tengah.
dalam kerangka pendidikan popular dengan menggunakan metode
sejarah. Program-program pendidikan Muhammadiyah yang
dilakukan pada masa Hindia Belanda memenuhi beberapa unsur
pendidikan popular, seperti ditujukan untuk memahami dan
mengubah struktur masyarakat kolonial, mendorong rasionalitas
untuk menghadapi kesadaran magis dan naif, menggunakan
pendekatan dialog (hiwar), mendorong praksis (tajdid), dan
menggunakan pendekatan penghadapan terhadap masalah melalui
kurikulum terpadu (problem-posing learning through integrated
curriculum). Perbedaan antara pendidikan Muhammadiyah dan
pendidikan popular berawal dari perbedaan konteks kelahiran
keduanya. Muhammadiyah menanamkan Etos Muhammadiyah
dalam aktivitas pendidikannya sehingga mendorong masyarakat
untuk mengubah nasibnya dan mendorong perubahan di
sekelilingnya. Program pendidikan Muhammadiyah meningkatkan
semangat pembaharuan ajaran agama dan rasionalitas, mendorong
literasi dan numerasi, memberikan pendidikan yang setara untuk
kaum perempuan, dan mendidik guru sebagai agen perubahan
pendidikan. Sebagai hasilnya, terjadi perubahan sosial ekonomi di
beberapa wilayah di Jawa Bagian Tengah.
Ketersediaan
TS24004 | MSKI 24004 | Perpustakaan FAH (Tesis SPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
MSKI 24004
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
MSKI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Haryo Mojopahit
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas