Manajemen perpustakaan perguruan tinggi (transformasi perpustakaan menuju pelayanan berbasis digital) tahun 2021
Iwan sopwandin - Personal Name
Pada era yang serba canggih ini, hampir segala macam kebutuhan serba praktis dan mudah digunakan dari mulai kebutuhan berbelanja, bepergian bahkan tak terkecuali kebutuhan untuk mendapatkan akses bahan bacaan, terutama layanan perpustakaan pada lembaga perguruan tinggi. Perpustakaan perguruan tinggi dituntut untuk terus berinovasi menyesuaikan perkembangannya dengan zaman, hal tersebut dalam rangka memberikan pelayanan terbaik pada pemustaka lebih jauhnya mendorong tercapainya tujuan suatu lembaga.
Upaya tersebut tentunya memerlukan sebuah pengelolaan yang baik dan terencana, agar tujuan yang ingin dicapai efektif dan efisien, salah satunya dengan menerapkan prinsip manajemen modern. Manajemen menjadi kebutuhan pokok sebagai salah satu syarat pendirian perpustakaan, karena minimal berfungsi sebagai perencana (Planning), pengorganisasian (Organizing), penggerakan (Actuating) dan pengawasan (Controlling).
Inovasi yang diperlukan saat ini lebih mengarah pada hal-hal yang sifatnya mendorong terhadap kemajuan digital, terutama pada saat situasi pandemi seperti ini. Ketika akses layanan secara langsung atau offline tidak bisa dijangkau karena dikhawatirkan mengakibatkan penularan penyakit. Maka, melalui layanan digital semuanya masih dapat dinikmati, bahkan bisa dari rumah.
Buku ini menyajikan konsep tentang pengelolaan layanan sebuah perpustakaan, paparan didalamnya juga dilengkapi dengan contoh implementasinya pada sebuah perpustakaan perguruan tinggi yang sudah melaksanakan layanan berbasis digital.
Upaya tersebut tentunya memerlukan sebuah pengelolaan yang baik dan terencana, agar tujuan yang ingin dicapai efektif dan efisien, salah satunya dengan menerapkan prinsip manajemen modern. Manajemen menjadi kebutuhan pokok sebagai salah satu syarat pendirian perpustakaan, karena minimal berfungsi sebagai perencana (Planning), pengorganisasian (Organizing), penggerakan (Actuating) dan pengawasan (Controlling).
Inovasi yang diperlukan saat ini lebih mengarah pada hal-hal yang sifatnya mendorong terhadap kemajuan digital, terutama pada saat situasi pandemi seperti ini. Ketika akses layanan secara langsung atau offline tidak bisa dijangkau karena dikhawatirkan mengakibatkan penularan penyakit. Maka, melalui layanan digital semuanya masih dapat dinikmati, bahkan bisa dari rumah.
Buku ini menyajikan konsep tentang pengelolaan layanan sebuah perpustakaan, paparan didalamnya juga dilengkapi dengan contoh implementasinya pada sebuah perpustakaan perguruan tinggi yang sudah melaksanakan layanan berbasis digital.
Ketersediaan
B24755 | 025.1 IWA m c1 | Perpustakaan FAH (000) | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
025.1 IWA m
Penerbit
Guepedia : (-)., 2021
Deskripsi Fisik
i, 222 hlm, 19,6 x 14,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-5525-90-7
Klasifikasi
025.1
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
volume
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Iwan sopwandin
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas