Pengaruh komunikasi interpersonal Pustakawan terhadap kepuasan pemustaka Di dinas perpustakaan dan kearsipan kota Sukabumi
Dina marcelia - Personal Name
Ida Farida, - Personal Name
Penelitian ini merupakan evaluasi terhadap pengaruh komunikasi
interpersonal pustakawan terhadap tingkat kepuasan pemustaka di
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sukabumi. Tujuan
utamanya adalah untuk menilai sejauh mana komunikasi
interpersonal dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pemustaka.
Penelitian ini mengadopsi teori dari Erving Goffman, Joseph A.
DeVito, dan Fornell et al. Metode yang digunakan adalah
kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Sampel diambil
dengan teknik random sampling, melibatkan 100 responden dari
total 25.034 pemustaka yangj ditentukanj denganj menggunakan
rumusj jslovin. Pengumpulanj dataj dilakukan melalui jkuesioner.
Analisisj dataj menggunakanj metode regresij sederhanaj dengan
bantuan SPSS versi 22 for Windows. Hasil analisis deskriptif
menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal dan kepuasan
pemustaka memiliki nilai rata-rata masing-masing 3,34 dan 3,36,
yang keduanya dikategorikan sebagai sangat baik. Uji korelasi
product moment menunjukkan koefisien korelasi antara variabel X
dan Y sebesar 0,784, yang termasuk dalam interval 0,60-0,799,
menunjukkan hubungan yang kuat antara keduanya. Hasil regresi
sederhana menunjukkan bahwa Y = 8,040 + 0,590X dan r squere
0,615, yang berarti bahwa komunikasi interpersonal
mempengaruhi kepuasan pemustaka sebesar 61,5%, sedangkan
faktor lain di luar penelitian ini menyumbang 38,5%. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara
komunikasi interpersonal pustakawan dan kepuasan pemustaka di
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sukabumi.
interpersonal pustakawan terhadap tingkat kepuasan pemustaka di
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sukabumi. Tujuan
utamanya adalah untuk menilai sejauh mana komunikasi
interpersonal dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pemustaka.
Penelitian ini mengadopsi teori dari Erving Goffman, Joseph A.
DeVito, dan Fornell et al. Metode yang digunakan adalah
kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Sampel diambil
dengan teknik random sampling, melibatkan 100 responden dari
total 25.034 pemustaka yangj ditentukanj denganj menggunakan
rumusj jslovin. Pengumpulanj dataj dilakukan melalui jkuesioner.
Analisisj dataj menggunakanj metode regresij sederhanaj dengan
bantuan SPSS versi 22 for Windows. Hasil analisis deskriptif
menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal dan kepuasan
pemustaka memiliki nilai rata-rata masing-masing 3,34 dan 3,36,
yang keduanya dikategorikan sebagai sangat baik. Uji korelasi
product moment menunjukkan koefisien korelasi antara variabel X
dan Y sebesar 0,784, yang termasuk dalam interval 0,60-0,799,
menunjukkan hubungan yang kuat antara keduanya. Hasil regresi
sederhana menunjukkan bahwa Y = 8,040 + 0,590X dan r squere
0,615, yang berarti bahwa komunikasi interpersonal
mempengaruhi kepuasan pemustaka sebesar 61,5%, sedangkan
faktor lain di luar penelitian ini menyumbang 38,5%. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara
komunikasi interpersonal pustakawan dan kepuasan pemustaka di
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sukabumi.
Ketersediaan
SP24006 | SKR IPI 24006 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
kepuasan pemustaka
Komunikasi interpersonal yang efektif
, dinas perpustakaan dan kearsipan kota sukabumi
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dina marcelia
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas