Pengaruh Kualitas Layanan Virtual Tour Terhadap Kepuasan Pengguna Pada Museum Kebangkitan Nasional
Dinda Annisa Riskiani - Personal Name
Pungki Purnomo - Personal Name
Layanan Virtual Tour yang disediakan oleh pihak Museum Kebangkitan
Nasional menjadi solusi pengguna dalam mengakses informasi koleksi
dan sejarah museum dengan mudah, selain itu layanan ini juga
diperuntukan untuk mengenalkan dan mempromosikan museum kepada
masyarakat manca daerah yang tidak dapat menjangkau museum secara
langsung. Tujuan dari pengkajian ini adalah untuk mengetahui seberapa
baik kualitas layanan virtual tour, untuk mengetahui kepuasan pengguna,
untuk mengukur seberapa besar pengaruh kualitas layanan virtual tour
terhadap kepuasan pengguna pada Museum Kebangkitan Nasional.
Pengkajian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan regresi
linear sederhana sebagai teknik analisis datanya. Sampel yang digunakan
dalam riset ini sebayak 97 responden yang diambil dari jumlah
kunjungan Museum Kebangkitan Nasional. Hasil kajian ini
menunjukkan kualitas layanan virtual tour adalah baik dengan total mean
3,07 dan tingkat kepuasan pengguna adalah tinggi dengan total mean
3,23 yang berada pada rentang skala 2,50 – 3,24 (Tinggi). Sedangkan
besaran pengaruh yang diberikan virtual tour museum terhadap
kepuasan pengguna sebesar 0,416 atau 41,6%. Kemudian virtual tour
museum memiliki korelasi yang kuat terhadap kepuasan pengguna yaitu
sebesar 0,645 yang berada pada rentang > 0,5 – 0,75 (Kuat). Kesimpulan
yang diperoleh dari riset ini ialah layanan virtual tour museum memiliki
pengaruh yang positif terhadap kepuasan pengguna pada Museum
Kebangkitan Nasional.
Nasional menjadi solusi pengguna dalam mengakses informasi koleksi
dan sejarah museum dengan mudah, selain itu layanan ini juga
diperuntukan untuk mengenalkan dan mempromosikan museum kepada
masyarakat manca daerah yang tidak dapat menjangkau museum secara
langsung. Tujuan dari pengkajian ini adalah untuk mengetahui seberapa
baik kualitas layanan virtual tour, untuk mengetahui kepuasan pengguna,
untuk mengukur seberapa besar pengaruh kualitas layanan virtual tour
terhadap kepuasan pengguna pada Museum Kebangkitan Nasional.
Pengkajian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan regresi
linear sederhana sebagai teknik analisis datanya. Sampel yang digunakan
dalam riset ini sebayak 97 responden yang diambil dari jumlah
kunjungan Museum Kebangkitan Nasional. Hasil kajian ini
menunjukkan kualitas layanan virtual tour adalah baik dengan total mean
3,07 dan tingkat kepuasan pengguna adalah tinggi dengan total mean
3,23 yang berada pada rentang skala 2,50 – 3,24 (Tinggi). Sedangkan
besaran pengaruh yang diberikan virtual tour museum terhadap
kepuasan pengguna sebesar 0,416 atau 41,6%. Kemudian virtual tour
museum memiliki korelasi yang kuat terhadap kepuasan pengguna yaitu
sebesar 0,645 yang berada pada rentang > 0,5 – 0,75 (Kuat). Kesimpulan
yang diperoleh dari riset ini ialah layanan virtual tour museum memiliki
pengaruh yang positif terhadap kepuasan pengguna pada Museum
Kebangkitan Nasional.
Ketersediaan
SP24002 | SKR IPI 24002 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dinda Annisa Riskiani
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas