Representasi perpustakaan sekolah dalam serial anime hyouka: the niece of time
Kalarizan Indra Leka - Personal Name
Parhan Hidayat - Personal Name
Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami representasi perpustakaan sekolah dalam serial anime Hyouka: The Niece of Time. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisis teori semiotika Roland Barthes, yaitu sintagmatik dan paradigmatik. Kedua unsur itu bertujuan untuk memperhatikan unsur naratif, yaitu pengaluran, tokoh, dan latar; lewat visual dan narasi yang memiliki kaitan dengan perpustakaan sekolah. Sekuen digunakan sebagai unit analisis.Hasil temuan memperlihatkan bahwa perpustakaan sekolah dalam serial anime Hyouka: The Niece of Time direpresentasikan sebagai sebuah sarana sekolah penyedia beragam sumber informasi terpercaya bagi para siswa, pun menjadi fasilitas rekreasi intelektual dan pendukung riset. Perpustakaan sekolah ini juga menghargai sejarah lembaga induknya. Dalam hal penyelenggaraan, perpustakaan sekolah mementingkan pada kekondusifan dan keefisiensian aktivitas kepustakaan yang berjalan di dalamnya. Banyaknya perabot dan peralatan, susunan tata ruang, kerja para pustakawannya, serta beragam rambu/tanda mendukung keberhasilan perpustakaan mencapai itu. Perpustakaan sekolah ini juga sangat peduli dengan perawatan setiap koleksi yang mereka miliki, meski begitu masih terdapat kekurangan dalam tindakan preventif lain, yaitu pengamanan. Terdapat pesan lain yang bisa ditangkap dari representasi-representasi perpustakaan sekolah Kamiyama ini, yaitu bahwa setiap informasi – terlepas usianya yang lampau dan isi yang terkandung nampak tidak terlalu penting – dapat memberi pengaruh pada kehidupan seseorang, yaitu penggunanya.
Ketersediaan
SP22762 | SKR SIP 22762 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR SIP 22762
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2022
Deskripsi Fisik
xvi, 138 hlm, 25 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR SIP
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
unspecified
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
-
Subyek
Perpustakaan
representasi
Anime
Roland Barthes
Semiotika
Perpustakaan Sekolah
Media Audiovisual
Hyouka
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Kalarizan Indra Leka
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas