Perspektif Kepala Sekolah Dan Guru Terhadap Perpustakaan Sekolah di SDN Batu Ampar 02 Pagi
Kiki Aviani Safitri - Personal Name
Pungki Purnomo - Personal Name
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perspektif kepala
sekolah dan guru terhadap perpustakaan sekolah di SDN Batu
Ampar 02 Pagi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologis.
Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan
wawancara, observasi, kajian pustaka, dan studi dokumentasi.
Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan reduksi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa baik kepala sekolah
maupun guru memiliki perspektif yang sama tentang makna
perpustakaan sekolah penting dalam meningkatkan kualitas
pendidikan dan membantu siswa serta guru dalam mendapatkan
akses informasi yang dibutuhkan. Namun, terdapat kendala pada
pengelolaan dan pemanfaatan perpustakaan. Hasil temuan
penelitian ini juga menunjukkan bahwa kepala sekolah dan guru di
SDN Batu Ampar 02 Pagi memandang bahwa tujuan dari
perpustakaan adalah untuk memperkaya pengalaman belajar siswa
selain di ruang kelas, dengan menyediakan berbagai jenis buku dan
materi bacaan yang tidak mungkin mereka temukan di kelas.
Manfaatnya adalah membantu siswa untuk memperluas wawasan
dan pengetahuan mereka, serta meningkatkan minat mereka dalam
membaca dan belajar. Fungsi perpustakaan sekolah adalah sebagai
sumber informasi dan bacaan, memberi akses siswa untuk
mempelajari berbagai jenis buku dan literatur, serta menciptakan
antusiasme siswa terhadap perpustakaan. Peran perpustakaan
sekolah adalah sebagai sarana efektif untuk meningkatkan
keterampilan membaca, menulis, dan numerasi siswa, serta
meningkatkan minat baca siswa dengan memberikan akses kepada
siswa untuk membaca buku dan mendapatkan informasi yang
bermanfaat.
sekolah dan guru terhadap perpustakaan sekolah di SDN Batu
Ampar 02 Pagi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologis.
Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan
wawancara, observasi, kajian pustaka, dan studi dokumentasi.
Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan reduksi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa baik kepala sekolah
maupun guru memiliki perspektif yang sama tentang makna
perpustakaan sekolah penting dalam meningkatkan kualitas
pendidikan dan membantu siswa serta guru dalam mendapatkan
akses informasi yang dibutuhkan. Namun, terdapat kendala pada
pengelolaan dan pemanfaatan perpustakaan. Hasil temuan
penelitian ini juga menunjukkan bahwa kepala sekolah dan guru di
SDN Batu Ampar 02 Pagi memandang bahwa tujuan dari
perpustakaan adalah untuk memperkaya pengalaman belajar siswa
selain di ruang kelas, dengan menyediakan berbagai jenis buku dan
materi bacaan yang tidak mungkin mereka temukan di kelas.
Manfaatnya adalah membantu siswa untuk memperluas wawasan
dan pengetahuan mereka, serta meningkatkan minat mereka dalam
membaca dan belajar. Fungsi perpustakaan sekolah adalah sebagai
sumber informasi dan bacaan, memberi akses siswa untuk
mempelajari berbagai jenis buku dan literatur, serta menciptakan
antusiasme siswa terhadap perpustakaan. Peran perpustakaan
sekolah adalah sebagai sarana efektif untuk meningkatkan
keterampilan membaca, menulis, dan numerasi siswa, serta
meningkatkan minat baca siswa dengan memberikan akses kepada
siswa untuk membaca buku dan mendapatkan informasi yang
bermanfaat.
Ketersediaan
SP23019 | SKR IPI 23019 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI 23019
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2023
Deskripsi Fisik
xi, 194 hlm, 25 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Kiki Aviani Safitri
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas