Pondok Pesantren Daar El-Hikam : Sejarah Transformasi Pendidikan Salaf Ke Modern Dan Kontribusinya Terhadap Masyarakat Pondok Ranji Tangerang Selatan 2002 - 2016
Inez Rahmadayanti - Personal Name
Johan Wahyudi - Personal Name
Pondok pesantren Daar El-Hikam pada kurun waktu 2002
hingga tahun 2016 masih menerapkan sistem pendidikan pesantren
tradisional. Akan tetapi, pada pertengahan tahun 2016 ada
transformasi model pendidikan dari salaf ke modern dengan sangat
cepat. Karena itu, ada dua rumusan masalah dalam penelitian ini
yaitu: (1) Bagaimana sejarah transformasi dari pendidikan salaf ke
modern di pondok pesantren Daar El-Hikam?.
(2) Bagaimana kontribusi Pondok Pesantren Daar El-Hikam pada
masyarakat?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
metode sejarah. Sumber primer tertulis berupa arsip, majalah dan
koran. Sedangkan sumber sekunder berupa buku-buku, jurnal, dan
tesis. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan
historis. Artinya, penulis melakukan penelusuran pendekatan dari
sejarah dan data-data di masa lalu secara sistematis agar sesuai
dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan 3 poin
utama, yaitu: (1) Dalam sejarah perjalanan transformasi tersebut,
pondok pesantren melakukan beberapa transformasi penting demi
kebutuhan zaman seperti transformasi kepemimpinan,transformasi
sistem pendidikan dan transformasi kurikulum pembelajaran. (2)
Dampak-dampak yang paling signifikan danterasa adalah dampak
sosial, ekonomi, dan sistem pendidikan. (3) Pondok Pesantren telah
berhasil mengatasi semua problem tersebut dan tetap memberikan
kontribusi besar terhadap masyarakat dari segi pendidikan dan
ekonomi.
hingga tahun 2016 masih menerapkan sistem pendidikan pesantren
tradisional. Akan tetapi, pada pertengahan tahun 2016 ada
transformasi model pendidikan dari salaf ke modern dengan sangat
cepat. Karena itu, ada dua rumusan masalah dalam penelitian ini
yaitu: (1) Bagaimana sejarah transformasi dari pendidikan salaf ke
modern di pondok pesantren Daar El-Hikam?.
(2) Bagaimana kontribusi Pondok Pesantren Daar El-Hikam pada
masyarakat?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
metode sejarah. Sumber primer tertulis berupa arsip, majalah dan
koran. Sedangkan sumber sekunder berupa buku-buku, jurnal, dan
tesis. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan
historis. Artinya, penulis melakukan penelusuran pendekatan dari
sejarah dan data-data di masa lalu secara sistematis agar sesuai
dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan 3 poin
utama, yaitu: (1) Dalam sejarah perjalanan transformasi tersebut,
pondok pesantren melakukan beberapa transformasi penting demi
kebutuhan zaman seperti transformasi kepemimpinan,transformasi
sistem pendidikan dan transformasi kurikulum pembelajaran. (2)
Dampak-dampak yang paling signifikan danterasa adalah dampak
sosial, ekonomi, dan sistem pendidikan. (3) Pondok Pesantren telah
berhasil mengatasi semua problem tersebut dan tetap memberikan
kontribusi besar terhadap masyarakat dari segi pendidikan dan
ekonomi.
Ketersediaan
SS23009 | SKR SPI 23009 | Perpustakaan FAH (Skripsi SPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR SPI 23009
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2023
Deskripsi Fisik
ix, 66 hlm, 25 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR SPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Inez Rahmadayanti
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas