Pengaruh Promosi Perpustakaan Melalui Instagram Terhadap Pemanfaatan Layanan Jarak Jauh Di Perpustakaan Universitas Trisakti
Siti Alfiah - Personal Name
Hikmah Irfaniah, - Personal Name
Perpustakaan Perguruan Tinggi berperan penting dalam
memberikan layanan perpustakaan dan mengelola bahan pustaka
guna memenuhi kebutuhan pemustaka serta mendukung Tri Dharma
Perguruan Tinggi. Dalam meningkatkan pemanfaatan layanan
perpustakaan perlu meningkatkan intensitas promosi melalui media
sosial Instagram. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui
seberapa besar pengaruh promosi perpustakaan melalui Instagram
terhadap pemanfaatan layanan jarak jauh di perpustakaan Universitas
Trisakti. Jenis penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan
pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 93 Responden
Mahasiswa followers Instagram yang diperoleh dari total populasi
sebesar 1.323 followers @usakti_library menggunakan rumus Slovin
dengan teknik accidental sampling. Uji regresi linear sederhana
digunakan sebagai Analisis Data untuk menguji pengaruh Variabel
X dan Variabel Y. Hasil penelitian menyatakan terdapat pengaruh
yang signifikan antara promosi perpustakaan melalui Instagram (X)
terhadap Pemanfaatan Layanan Jarak Jauh (Y), dengan nilai
signifikansi sebesar 0‚000 < 0‚05 (5%), hal ini juga diperkuat dengan
tingkat korelasi yang kuat yaitu sebesar 0‚694 yang berada pada skala
0,60 – 0,799. Promosi perpustakaan melalui Instagram memiliki
pengaruh sebesar 48,2% terhadap pemanfaatan Layanan Jarak Jauh,
dengan nilai R Square sebesar 0,482. Diharapkan melalui penelitian
ini dapat membantu pihak perpustakaan dalam meningkatkan
kegiatan promosi melalui Instagram dan perhatiannya dalam
pengolahan layanan perpustakaan.
memberikan layanan perpustakaan dan mengelola bahan pustaka
guna memenuhi kebutuhan pemustaka serta mendukung Tri Dharma
Perguruan Tinggi. Dalam meningkatkan pemanfaatan layanan
perpustakaan perlu meningkatkan intensitas promosi melalui media
sosial Instagram. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui
seberapa besar pengaruh promosi perpustakaan melalui Instagram
terhadap pemanfaatan layanan jarak jauh di perpustakaan Universitas
Trisakti. Jenis penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan
pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 93 Responden
Mahasiswa followers Instagram yang diperoleh dari total populasi
sebesar 1.323 followers @usakti_library menggunakan rumus Slovin
dengan teknik accidental sampling. Uji regresi linear sederhana
digunakan sebagai Analisis Data untuk menguji pengaruh Variabel
X dan Variabel Y. Hasil penelitian menyatakan terdapat pengaruh
yang signifikan antara promosi perpustakaan melalui Instagram (X)
terhadap Pemanfaatan Layanan Jarak Jauh (Y), dengan nilai
signifikansi sebesar 0‚000 < 0‚05 (5%), hal ini juga diperkuat dengan
tingkat korelasi yang kuat yaitu sebesar 0‚694 yang berada pada skala
0,60 – 0,799. Promosi perpustakaan melalui Instagram memiliki
pengaruh sebesar 48,2% terhadap pemanfaatan Layanan Jarak Jauh,
dengan nilai R Square sebesar 0,482. Diharapkan melalui penelitian
ini dapat membantu pihak perpustakaan dalam meningkatkan
kegiatan promosi melalui Instagram dan perhatiannya dalam
pengolahan layanan perpustakaan.
Ketersediaan
SP23001 | SKR IPI 23001 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI 23001
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2023
Deskripsi Fisik
XV, 139 hlm.; 25 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Siti Alfiah
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas