Upaya tbm kolong ciputat dalam membangun minat baca anak melalui program berbasis s.m.a.r.t. literasi
Gina Maulida S - Personal Name
Lili Sudria Wenny - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh TBM Kolong Ciputat baik sebelum masa pandemi Covid-19 maupun selama masa pandemi Covid-19 dalam membangun minat baca anak-anak melalui program atau kegiatan yang dilaksanakan dan dikembangkan, serta untuk mengetahui kendala dan respons dari pengguna TBM mengenai kegiatan atau program tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk menjabarkan secara menyeluruh dan mendalam mengenai fenomena-fenomena yang terjadi pada objek penelitian. Subjek penelitian ini adalah pengelola serta pengguna TBM Kolong Ciputat dengan objek penelitian yaitu terkait minat baca. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, pengumpulan dokumen, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TBM Kolong berpedoman pada konsep strategi S.M.A.R.T dalam membuat dan mengembangkan program dan kegiatan yang dilaksanakan. Program yang dirancang berdasarkan pedoman S.M.A.R.T sebelum pandemi Covid-19 yaitu, kelas kreasi dan bimbel. Sedangkan, program yang dirancang selama masa pandemi
v
Covid-19 yaitu, kegiatan kreasi door to door, Dongeng Ceria (DORA), serta Cerita Apa Hari ini (CERAHIN). Kegiatan-kegiatan selama pandemi mencakup aktivitas membaca, menulis, read aloud, dan kreasi seperti menyanyi, menari, dan lain-lain. Dalam menjalankan program, kendala utama yang dihadapi TBM Kolong Ciputat yakni dalam lingkup pendanaan, baik itu sebelum pandemi dan semasa pandemi. Dari penelitian yang telah dilakukan, didapatkan bahwa program-program dan kegiatan yang dirancang menggunakan pedoman S.M.A.R.T memiliki dampak positif terhadap anak-anak pengguna TBM Kolong. Anak-anak mengalami peningkatan yang signifikan dalam hal membaca, dan mulai memperlihatkan ketertarikan pada buku, selain itu anak-anak juga menjadi lebih kreatif dan imajinatif.
v
Covid-19 yaitu, kegiatan kreasi door to door, Dongeng Ceria (DORA), serta Cerita Apa Hari ini (CERAHIN). Kegiatan-kegiatan selama pandemi mencakup aktivitas membaca, menulis, read aloud, dan kreasi seperti menyanyi, menari, dan lain-lain. Dalam menjalankan program, kendala utama yang dihadapi TBM Kolong Ciputat yakni dalam lingkup pendanaan, baik itu sebelum pandemi dan semasa pandemi. Dari penelitian yang telah dilakukan, didapatkan bahwa program-program dan kegiatan yang dirancang menggunakan pedoman S.M.A.R.T memiliki dampak positif terhadap anak-anak pengguna TBM Kolong. Anak-anak mengalami peningkatan yang signifikan dalam hal membaca, dan mulai memperlihatkan ketertarikan pada buku, selain itu anak-anak juga menjadi lebih kreatif dan imajinatif.
Ketersediaan
SP22058 | SKR IPI 22058 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI 22058
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2022
Deskripsi Fisik
XIV, 194 hlm, ilusi; 25 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Gina Maulida S
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas