Kemampuan literasi media pada pengguna media sosial tiktok di kalangan mahasiswa program studi ilmu komunikasi universitas multimedia nusantara
Faradisa lailil mukaromah - Personal Name
muhammad azwar - Personal Name
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan literasi media pada pengguna media sosial TikTok di kalangan mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara yang diukur menggunakan konsep New Media Literacy. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan metode survei dengan instrumen kuesioner. Pengukuran kemampuan literasi media yang digunakan berdasarkan 4 standar tipe literasi yang ada pada konsep New Media Literacy. Sampel pada penelitian ini yaitu mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara yang menggunakan media sosial TikTok berjumlah 96 orang mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan Functional Consuming mahasiswa ialah yang tertinggi dengan skor rata-rata 3,40 diikuti oleh kemampuan Critical Consuming dengan skor rata-rata 3,02, kemampuan Functional Prosuming dengan skor rata-rata 3,27, serta kemampuan Critical Prosuming yang terendah dengan skor rata-rata 2,67. Secara keseluruhan, kemampuan literasi media pada pengguna media sosial TikTok di kalangan mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara sudah baik dengan skor rata-rata 3,09.
Ketersediaan
SP22057 | SKR IPI 22057 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI 22057
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2022
Deskripsi Fisik
viii,75 hlm, ilusi; 25 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Faradisa lailil mukaromah
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas