Tahlil al-khita' al-immaliiyat lithalib ma'had al-azhar ummu suwanah al-islami bi tanggerang
Firman syahwitri - Personal Name
Mugy Nugraha - Personal Name
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui macam - macam kesalahan penulisan
yang dilakukan siswa, mengetahui kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa, dan
mengetahui penyebab terjadinya kesalahan guna membantu siswa dalam proses belajar.
Dalam penelitian ini peneliti melakukan analisis kesalahan penulisan imla yang
berfokus pada kaidah penulisan Hamzah Washal dan Hamzah Qotho', penulisan Hamzah
Mutawassithoh dan Hamzah Mutathorrifah yaitu hamzah yang berada ditengah atau
diakhir kata, penulisan kata yang menggunakan Alif Allayyinah, penulisan kata yang
diakhiri Ta' Marbuthoh dan Ta' Mabsuthoh, Penulisan kata yang terdapat Alif Lam
Qomariyyah dan Alif Lam Syamsiyyah.
Peneliti menggunakan penelitian kualitatif secara deskriptif. Langkah penelitian
dilakukan dengan metode pengumpulan data, yaitu melalui observasi langsung
pembelajaran bahasa Arab, kemudian memberikan tes ejaan kepada siswa. Setelah itu,
peneliti menganalisis hasil tes siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah:
kesalahan pada penulisan Hamzah Washol sekitar 32,14%, kesalahan pada penulisan
Hamzah Qotho’ sekitar 85,71%, kesalahan pada penulisan Hamzah Mutawasithoh sekitar
39,28%, kesalahan pada penulisan Hamzah Mutathorrifah sekitar 42,85%, kesalahan pada
penulisan Alif Layyinah sekitar 67,85%, kesalahan pada penulisan Alif Lam Syamsiyyah
sekitar 53,57%, kesalahan pada penulisan Alif Lam Qomariyah sekitar 10,71%.
Diketahui masih banyak terdapat kesalahan pada penulisan siswa. Dari hasil
wawancara dengan beberapa murid peneliti dapat menyimpulkan bahwa kesalahan –
kesalahan tersebut disebabkan karena murid belum bisa menerapkan kaidah penulisan
Imla.
yang dilakukan siswa, mengetahui kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa, dan
mengetahui penyebab terjadinya kesalahan guna membantu siswa dalam proses belajar.
Dalam penelitian ini peneliti melakukan analisis kesalahan penulisan imla yang
berfokus pada kaidah penulisan Hamzah Washal dan Hamzah Qotho', penulisan Hamzah
Mutawassithoh dan Hamzah Mutathorrifah yaitu hamzah yang berada ditengah atau
diakhir kata, penulisan kata yang menggunakan Alif Allayyinah, penulisan kata yang
diakhiri Ta' Marbuthoh dan Ta' Mabsuthoh, Penulisan kata yang terdapat Alif Lam
Qomariyyah dan Alif Lam Syamsiyyah.
Peneliti menggunakan penelitian kualitatif secara deskriptif. Langkah penelitian
dilakukan dengan metode pengumpulan data, yaitu melalui observasi langsung
pembelajaran bahasa Arab, kemudian memberikan tes ejaan kepada siswa. Setelah itu,
peneliti menganalisis hasil tes siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah:
kesalahan pada penulisan Hamzah Washol sekitar 32,14%, kesalahan pada penulisan
Hamzah Qotho’ sekitar 85,71%, kesalahan pada penulisan Hamzah Mutawasithoh sekitar
39,28%, kesalahan pada penulisan Hamzah Mutathorrifah sekitar 42,85%, kesalahan pada
penulisan Alif Layyinah sekitar 67,85%, kesalahan pada penulisan Alif Lam Syamsiyyah
sekitar 53,57%, kesalahan pada penulisan Alif Lam Qomariyah sekitar 10,71%.
Diketahui masih banyak terdapat kesalahan pada penulisan siswa. Dari hasil
wawancara dengan beberapa murid peneliti dapat menyimpulkan bahwa kesalahan –
kesalahan tersebut disebabkan karena murid belum bisa menerapkan kaidah penulisan
Imla.
Ketersediaan
SA22012 | SKR BSA 22012 | Perpustakaan FAH (Skripsi BSA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR BSA 22012
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2022
Deskripsi Fisik
126 hlm.
Bahasa
Arab
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR BSA
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Mugy Nugraha
Tidak tersedia versi lain