Taḥlīl al-akhthā' fī al-qirā'ah ladā thulāb ma'had kyai haji zayn al-mushthafā sukamanah li tarbiyyah al-islāmiyyah bi tasikmalaya jawa gharbiyyah
Muhamad Nurziaulhaq - Personal Name
Umi Kulsum - Personal Name
Analisis Kesalahan Membaca Pada Siswa Pondok Pesantren KH Zainal Musthafa Sukamanah Tasikmalaya Jawa Barat
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan dalam membaca dan penyebabnya, ditinjau dari segi sintaksis dan morfologi yang dilakukan oleh siswa kelas 2 Ibtidaiyah di Pondok Pesantren Sukamanah, Tasikmalaya, Jawa Barat. Lalu mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kesalahan. Teori yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah metode analisis kesalahan yang mana metode ini merupakan cabang dari lingustik terapan dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan secara kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa tahun ajaran 2020 2021 dan tahun 2021 2022, pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini ada dua aspek kesalahan yaitu kesalahan sintaksis dan morfologi. Dari penelitian ini menghasilkan 486 kesalahan yang terdiri dari 107 kesalahan morfologi dengan presentase 22% dan 379 kesalahan sintaksis presentase 78%. Adapun diantara penyebab terjadinya kesalahan adalah karena belum mengetahui kaidah nahwu shorof dengan benar, pun metode pengajaran yang digunakan oleh pengajar tidak sesuai dengan siswa.
Kata Kunci : Analisis Kesalahan Nahwu dan Shorof, Membaca.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan dalam membaca dan penyebabnya, ditinjau dari segi sintaksis dan morfologi yang dilakukan oleh siswa kelas 2 Ibtidaiyah di Pondok Pesantren Sukamanah, Tasikmalaya, Jawa Barat. Lalu mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kesalahan. Teori yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah metode analisis kesalahan yang mana metode ini merupakan cabang dari lingustik terapan dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan secara kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa tahun ajaran 2020 2021 dan tahun 2021 2022, pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini ada dua aspek kesalahan yaitu kesalahan sintaksis dan morfologi. Dari penelitian ini menghasilkan 486 kesalahan yang terdiri dari 107 kesalahan morfologi dengan presentase 22% dan 379 kesalahan sintaksis presentase 78%. Adapun diantara penyebab terjadinya kesalahan adalah karena belum mengetahui kaidah nahwu shorof dengan benar, pun metode pengajaran yang digunakan oleh pengajar tidak sesuai dengan siswa.
Kata Kunci : Analisis Kesalahan Nahwu dan Shorof, Membaca.
Ketersediaan
SA2100019 | SKR BSA 2100019 | Perpustakaan FAH (Skripsi BSA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR BSA 2100019
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2021
Deskripsi Fisik
67 hlm.
Bahasa
Arab
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR BSA
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Umi Kulsum
Tidak tersedia versi lain