Peran orang tua followers instagram pustakalana children’s library dalam menumbuhkan kegemaran membaca pada anak dengan metode read aloud
Muhammad Ilham Hidayat - Personal Name
Lily Sudria Wenny - Personal Name
Salah satu kunci dasar untuk menjadi bangsa yang maju dan beradab dapat dilihat dari
masyarakatnya yang gemar membaca. Membacakan buku kepada anak dengan metode
read aloud dengan rutin, akan membuat anak mencintai buku. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui peran orang tua dalam menumbuhkan kegemaran membaca anak
dengan metode read aloud dan ancaman apa yang dihadapi. Jenis penelitian yang
digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data
menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 dari 23.100 followers Instagram
Pustakalana Children’s Library (@pustakalanalibrary),
yang melakukan kegiatan readaloud di rumah untuk anaknya. Uji validitas dan uji
reliabilitas instrumen penelitian menggunakan program IBM SPSS v25. Hasil penelitian
menunjukan bahwa hampir seluruhnya orang tua telah menumbuhkan kegemaran
membaca anak dengan metode read aloud. Hampir seluruh orang tua juga membacakan
buku dimulai sejak anak berusia batita (bayi di bawah 3 tahun). Intensitas orang tua
membacakan buku denganmetode read aloud dilakukan 1-3 kali seminggu, dibacakan
saat waktu senggang dengan durasi 15-20 menit. Anak dibacakan 2 judul buku per
harinya, yang sumber bukunya merupakan milik pribadi. Teknik-teknik yang orang tua
terapkan sudahsebagian besar dilakukan dengan tepat. Hal ini terlihat dari orang tua
yang membacakan buku terlebih dahulu untuk dirinya sendiri sebelum dibacakan pada
anak. Orang tua menunjukan informasi mengenai penulis/editor/illustrator yang
tercantum pada sampul buku. Anak mulai memasuki kegemaran membaca dalam tahap
mulai belajar menggunakan buku, melihat dan membalik halaman buku, serta
membawa buku favorit mereka untuk dibacakan orang tuanya. Manfaat yang dirasakan
orang tuaadalah anak menjadi memiliki kosakata yang banyak dari teman sebayanya.
Kendala yang dihadapi orang tua adalah anak juga gemar bermain gadget, dengan ratarata waktu yang digunakan selama 2 jam per ha
masyarakatnya yang gemar membaca. Membacakan buku kepada anak dengan metode
read aloud dengan rutin, akan membuat anak mencintai buku. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui peran orang tua dalam menumbuhkan kegemaran membaca anak
dengan metode read aloud dan ancaman apa yang dihadapi. Jenis penelitian yang
digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data
menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 dari 23.100 followers Instagram
Pustakalana Children’s Library (@pustakalanalibrary),
yang melakukan kegiatan readaloud di rumah untuk anaknya. Uji validitas dan uji
reliabilitas instrumen penelitian menggunakan program IBM SPSS v25. Hasil penelitian
menunjukan bahwa hampir seluruhnya orang tua telah menumbuhkan kegemaran
membaca anak dengan metode read aloud. Hampir seluruh orang tua juga membacakan
buku dimulai sejak anak berusia batita (bayi di bawah 3 tahun). Intensitas orang tua
membacakan buku denganmetode read aloud dilakukan 1-3 kali seminggu, dibacakan
saat waktu senggang dengan durasi 15-20 menit. Anak dibacakan 2 judul buku per
harinya, yang sumber bukunya merupakan milik pribadi. Teknik-teknik yang orang tua
terapkan sudahsebagian besar dilakukan dengan tepat. Hal ini terlihat dari orang tua
yang membacakan buku terlebih dahulu untuk dirinya sendiri sebelum dibacakan pada
anak. Orang tua menunjukan informasi mengenai penulis/editor/illustrator yang
tercantum pada sampul buku. Anak mulai memasuki kegemaran membaca dalam tahap
mulai belajar menggunakan buku, melihat dan membalik halaman buku, serta
membawa buku favorit mereka untuk dibacakan orang tuanya. Manfaat yang dirasakan
orang tuaadalah anak menjadi memiliki kosakata yang banyak dari teman sebayanya.
Kendala yang dihadapi orang tua adalah anak juga gemar bermain gadget, dengan ratarata waktu yang digunakan selama 2 jam per ha
Ketersediaan
SP21051 | SKR IPI 21051 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI 21051
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2022
Deskripsi Fisik
xci, 91 hlm.: ill.; 25 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Muhammad Ilham Hidayat
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas