Kebijakan pemerintah hindia belanda dalam Pengelolaan saluran mookervaart di kota Batavia untuk jasa transportasi orang dan Barang 1900-1942
Evan giri prasmi - Personal Name
Setyadi Sulaiman - Personal Name
Penelitian ini membahas fungsi Saluran Mookervaart
sebagai jalur transportasi air penghubung antara Tangerang dan
Kota Batavia pada tahun 1900-1942. Pembuatan jalur transportasi
air di Saluran ini demi memenuhi kebutuhan kota, seperti
mobilisasi warga atau mempermudah kegiatan perdagangan
melalui jalur air.
Motode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan
metode kualitatif. Sedangkan pengambilan data dilakukan melalui
penelitian kepustakaan dan dokumentasi. Teknis analisis data
berdasarkan teknik heuristik, verifikasi, interpretasi, dan
historiografi.
Saluran Mookervaart dibangun oleh seorang tuan tanah di
Tangerang Vincent van Moock pada tahun 1682 dan selesai pada
tahun 1687. Saluran ini dibangun sebagai jalur tol air dengan
tujuan mempersingkat waktu dan jarak tempuh masyarakat yang
ingin ke kota untuk pengangkutan bahan-bahan bangunan dan
kayu bakar.
Setelah beberapa abad kondisi saluran Mookervaart
semakin buruk dan tidak dapat dilayari karena mutu air yang
semakin kotor. Akibatnya, transportasi air di saluran Mookervaart
kehilangan fungsinya selama beberapa tahun.
Melihat kondisi itu, pemerintah pusat melakukan
pemeriksaan dan ternyata keadaan saluran Mookervaart cukup
memperihatinkan. Untuk itu, berdasarkan laporan M.M.C Posno
tentang peresmian Pintu Air Sewan di Saluran Mookervaart yang
ditulis pada majalah de Ingenieur in Nerderlands Indies 1935 yang
memuat keputusan pemerintah pusat membuat sebuah bendung di
sebagai jalur transportasi air penghubung antara Tangerang dan
Kota Batavia pada tahun 1900-1942. Pembuatan jalur transportasi
air di Saluran ini demi memenuhi kebutuhan kota, seperti
mobilisasi warga atau mempermudah kegiatan perdagangan
melalui jalur air.
Motode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan
metode kualitatif. Sedangkan pengambilan data dilakukan melalui
penelitian kepustakaan dan dokumentasi. Teknis analisis data
berdasarkan teknik heuristik, verifikasi, interpretasi, dan
historiografi.
Saluran Mookervaart dibangun oleh seorang tuan tanah di
Tangerang Vincent van Moock pada tahun 1682 dan selesai pada
tahun 1687. Saluran ini dibangun sebagai jalur tol air dengan
tujuan mempersingkat waktu dan jarak tempuh masyarakat yang
ingin ke kota untuk pengangkutan bahan-bahan bangunan dan
kayu bakar.
Setelah beberapa abad kondisi saluran Mookervaart
semakin buruk dan tidak dapat dilayari karena mutu air yang
semakin kotor. Akibatnya, transportasi air di saluran Mookervaart
kehilangan fungsinya selama beberapa tahun.
Melihat kondisi itu, pemerintah pusat melakukan
pemeriksaan dan ternyata keadaan saluran Mookervaart cukup
memperihatinkan. Untuk itu, berdasarkan laporan M.M.C Posno
tentang peresmian Pintu Air Sewan di Saluran Mookervaart yang
ditulis pada majalah de Ingenieur in Nerderlands Indies 1935 yang
memuat keputusan pemerintah pusat membuat sebuah bendung di
Ketersediaan
SS21006 | SKR SPI 21006 | Perpustakaan FAH (skripsi spi) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR SPI 21006
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2021
Deskripsi Fisik
xiii, 57 hlm, 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR SPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Evan giri prasmita
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas