Promosi Rumah Baca Tangerang Dalam Peningkatan Minat Baca Masyarakat
Desi Rahayu - Personal Name
Parhan Hidayat - Personal Name
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya promosi apa saja yang
dilakukan di Rumah Baca Tangerang dan kendala apa saja yang dialami oleh
pengurus dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat. Jenis penelitian
yang digunakan ialah metode kualitatif dengan pendekatan deskrptif. Untuk
teknik pengumpulan data ialah dengan melakukan observasi dan wawancara.
Teknik pengumpulan data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu pertama, upaya promosi
apa saja yang dilakukan oleh Rumah Baca Tangerang, kedua kendala apa saja
yang dihadapi oleh pengurus Rumah Baca Tangerang dalam melakukan kegiatan
promosi. Promosi yang dilakukan oleh Rumah Baca Tangerang ialah dengan
melakukan gelaran buku di Car Free Day Tangerang, melalui media sosial
Instagram, Facebook, dan Twitter. Dan melalui situs bacatangerang.com. kendala
yang dialami oleh pengurus Rumah Baca Tangerang ialah pertama kurangnya
SDM yang memiliki pengetahuan mengenai ilmu perpustakaan, kedua faktor
cuaca yang mempengaruhi kegiatan gelaran buku, ketiga konsistensi pengurus
saat melakukan kegiatan promosi, keempat terjadinya pandemi yang membuat
kegiatan promosi maupun kegiatan operasional lainnya terhambat. Meski tidak
dapat melakukan promosi secara langsung, pengurus Rumah Baca Tangerang
terus melakukan kegiatan promosi melalui media sosial dan situs yang dimiliki.
dilakukan di Rumah Baca Tangerang dan kendala apa saja yang dialami oleh
pengurus dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat. Jenis penelitian
yang digunakan ialah metode kualitatif dengan pendekatan deskrptif. Untuk
teknik pengumpulan data ialah dengan melakukan observasi dan wawancara.
Teknik pengumpulan data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu pertama, upaya promosi
apa saja yang dilakukan oleh Rumah Baca Tangerang, kedua kendala apa saja
yang dihadapi oleh pengurus Rumah Baca Tangerang dalam melakukan kegiatan
promosi. Promosi yang dilakukan oleh Rumah Baca Tangerang ialah dengan
melakukan gelaran buku di Car Free Day Tangerang, melalui media sosial
Instagram, Facebook, dan Twitter. Dan melalui situs bacatangerang.com. kendala
yang dialami oleh pengurus Rumah Baca Tangerang ialah pertama kurangnya
SDM yang memiliki pengetahuan mengenai ilmu perpustakaan, kedua faktor
cuaca yang mempengaruhi kegiatan gelaran buku, ketiga konsistensi pengurus
saat melakukan kegiatan promosi, keempat terjadinya pandemi yang membuat
kegiatan promosi maupun kegiatan operasional lainnya terhambat. Meski tidak
dapat melakukan promosi secara langsung, pengurus Rumah Baca Tangerang
terus melakukan kegiatan promosi melalui media sosial dan situs yang dimiliki.
Ketersediaan
IPI21027 | SKR IPI | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI21027
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2021
Deskripsi Fisik
viii, 52 hlm, 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas